Jepang tertunduk lesu setalah Nacer Chadli mencetak gol yang membalikkan keadaan. (INDOSPORT)
Jepang tertunduk lesu setalah Nacer Chadli mencetak gol yang membalikkan keadaan. (INDOSPORT)

6 Fakta Dramatis Pertandingan Belgia Vs Jepang

OLAHRAGA

Belgia vs Jepang berakhir dengan skor 3-2 untuk Rode Duivels pada babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Stadion Rostov, Rusia, Selasa, 03 Juli 2018, pukul 01.00 dini hari.

Kemenangan Belgia didapat pada menit-menit akhir pertandingan setelah sebelumnya tertinggal pada awal babak kedua oleh Jepang. Ialah Nacer Chadli yang membuat Jepang menangis berkat golnya di menit ke-90+4.

Namun nyatanya pertandingan Belgia vs Jepang menghadirkan beberapa fakta dramatis. Bahkan INDOSPORT telah merangkum sebanyak enam fakta untuk penikmat sepakbola.

Luar Kotak Penalti

Gol Inui pada menit ke-52 ke gawang Belgia adalah kebobolan pertama bagi anak asuh Roberto Martinez di Piala Dunia dari luar kotak penalti sejak tendangan pemain Brasil Rivaldo di Piala Dunia 2002.

Gol Perdana

Gol Genki Haraguchi ke gawang Belgia menjadikan dirinya sebagai pemain pertama Jepang yang mampu mengemas gol di babak 16 besar atau gugur (knockout) Piala Dunia.

Tim Pertama

Selain itu Belgia menjadi tim pertama yang tertinggal dua gol atau lebih dan bisa memenangkan pertandingan di babak 16 besar atau gugur (knockout) dalam 90 menit sejak Piortugal mengalahkan Korea Utara 5-3 di perempatfinal 1966 dilam.

Banyak Perubahan

Belgia telah membuat 10 perubahan ke dalam susunan 11 pemain kala melawan Jepang. Terakhir hanya Spanyol yang membuat 11 perubahan dalam susunan 11 pemainnya ketika bersua Arab Saudi di Piala Dunia 2006.

Hazard Gemilang

Selain itu kapten Belgia Eden Hazard menjadi pemain yang paling gemilang dalam pertandingan kali ini. Sebab dirinya sukses mencatatkan namanya di papan skor dalam tujuh pertandingan terakhir (tiga gol dan enam assists).

Pencetak Gol Unik

Belgia memiliki pencetak gol yang lebih unik di Piala Dunia 2018 daripada tim lainnya. Sebab beberapa lini telah mencetak gol untuk Belgia, seperti Romelu Lukaku (striker), Michy Batshuayi (striker), Adnan Janujaj (winger), Dries Mertens (winger), Eden Hazard (winger), Jan Vertonghen (bek), dan Marouane Fellaini (gelandang).

Leave a Reply