PUBLIKREPORT.com

8 Khasiat Teh Hitam

MEMULAI hari Anda dengan secangkir teh hitam bisa membantu membuat Anda sehat.

Teh hitam termasuk minuman yang paling populer dikonsumsi. Teh hitam mengandung antioksidan dan fitonutrien yang membantu membuang racun. Kandungan kafeinnya rendah bila dibandingkan dengan kopi.

Teh hitam terutama kaya akan antioksidan, yang dikenal sebagai polifenol, dan juga memiliki kadar natrium, protein dan karbohidrat minimal.

Teh hitam bermanfaat untuk kesehatan jantung, mengobati diare, masalah pencernaan, mengurangi tekanan darah tinggi, menurunkan risiko diabetes tipe 2 dan asma.

Untuk menuai manfaatnya secara keseluruhan, Anda perlu mengonsumsinya tanpa aditif seperti susu atau gula.

Berikut manfaat teh hitam untuk kesehatan:

  1. Kesehatan Jantung

Sifat teh hitam telah ditemukan untuk memperbaiki kesehatan jantung, terutama karena flavon dalam teh hitam. Para ilmuwan telah mengonfirmasi bahwa meminum lebih dari atau sama dengan tiga cangkir teh hitam per hari dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner.

  1. Menurunkan Risiko Kanker Ovarium

Minum teh hitam akan membantu mengurangi risiko kanker ovarium. Teh hitam mengandung theaflavin yang bisa menghambat proliferasi sel kanker ovarium. Inilah salah satu manfaat kesehatan teh hitam.

  1. Menurunkan Risiko Diabetes

Para ilmuwan telah menemukan bahwa minum teh hitam dapat membantu menurunkan risiko diabetes tipe 2, karena katekin dan theaflavin di dalamnya dapat membuat tubuh lebih sensitif terhadap insulin.

  1. Meningkatkan Imunitas

Teh hitam kaya akan antioksidan yang membantu menghilangkan radikal oksigen bebas. Teh hitam bisa membersihkan radikal oksigen dan mengembalikan sel normal, fungsi tubuh dan juga meningkatkan kekebalan tubuh.

  1. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Para ilmuwan mengamati bahwa orang yang minum teh hitam dapat secara signifikan mengembalikan kepadatan tulang, karena teh hitam merupakan pengganti kalsium. Minum ini juga bisa mengurangi risiko patah tulang pada orang tua.

  1. Mengurangi Risiko Parkinson

Teh polifenol memiliki efek melindungi neuro pada otak. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa kafein dalam teh hitam berbanding terbalik dengan penyakit parkinson.

  1. Pencernaan Sehat

Mengkonsumsi teh hitam akan membantu meningkatkan jumlah dan variasi mikroba usus baik. Teh polifenol berperan sebagai prebiotik yang membantu meningkatkan bakteri usus yang baik.

  1. Menurunkan Kolesterol

Dalam sebuah penelitian, ternyata teh hitam membantu mengurangi 11,1 persen kolesterol ‘jahat’ (LDL). Teh hitam memiliki efek hiperkolesterolemia pada manusia yang menyebabkan obesitas dan rentan terhadap penyakit jantung.

 

TEMPO.co

0 Reviews

Write a Review

Read Previous

Jokowi Datang Listrik Padam

Read Next

Bikin Miss V Semriwing dengan Balsam Pereda Flu

Leave a Reply