8 Masalah Kesehatan yang Muncul Seiring Perjalanan Usia
Ilustrasi. (Shutterstock.com)

8 Masalah Kesehatan yang Muncul Seiring Perjalanan Usia

Seiring pertambahan usia, kemampuan tubuh manusia pun semakin menurun. Kekuatan tubuh, kesehatan, kemampuan organ vital, dan bagian tubuh lain umumnya akan menurun.

Ambil contoh kulit yang mengendur, tulang mudah rapuh, dan degenerasi organ lain. Meskipun kita telah belajar tentang proses penuaan tubuh di kelas ilmu alam, kita mungkin tak paham apa sebenarnya yang terjadi selama penuaan, terutama pada bagian dan organ tubuh yang berbeda.

Seiring waktu, organ tubuh mengalami kelelahan dan memperlambat fungsi. Hal ini menyebabkan banyak perubahan pada tubuh, yang terjadi secara bertahap. Fungsi kognitif menurun, begitu juga kemampuan untuk melihat dan mendengar.

Perubahan yang paling mencolok terjadi pada kulit dan rambut. Rambut mulai kehilangan ketebalan dan berubah menjadi abu-abu. Kulit juga kehilangan elastisitas dan muncul keriput. Berikut fakta berbagai perubahan yang dialami sistem organ selama proses penuaan.

  1. Efek pada otak

Otak adalah bagian terpenting tubuh dan bekerja tanpa lelah sepanjang hidup dalam memproses banyak informasi. Otak terdiri dari jutaan neuron mungil yang penting untuk menyimpan dan memproses informasi.

Seiring waktu, jumlah neuron menurun, menyebabkan penurunan fungsi kognitif seperti kehilangan memori dan Alzheimer. Semakin tua usia semakin banyak kemungkinan kita menderita penyakit yang disebut “Silent Stroke”, yang merupakan hasil dari kelainan otak.

  1. Efek pada sistem kerangka

Tulang manusia dikenal sebagai zat yang sangat kuat dan keras dan kebanyakan terdiri dari kalsium. Tapi tulang ini juga memiliki tanggal kedaluwarsa. Aktivitas fisik setiap hari memberi banyak tekanan pada tulang dan akhirnya kehilangan kalsium dan menjadi rapuh. Hal ini menyebabkan sejumlah kondisi seperti arthritis, kondisi sendi yang menyakitkan, atau osteoporosis, di mana tulang menjadi terlalu rapuh sehingga bahkan jatuh ringan saja bisa menyebabkan patah tulang. Seiring bertambahnya usia, refleks juga melambat.

  1. Efek pada sistem saraf

Terlepas dari otak, bagian penting lainnya dari sistem saraf adalah sumsum tulang belakang. Saraf tulang belakang kita berisi cakram di antara tulang-tulang yang menjadi keras dan rapuh karena usia. Hal ini menyebabkan penurunan kapasitas bantalan, memberi tekanan lebih pada tulang belakang. Kondisi ini sangat menyakitkan dan bisa menimbulkan rasa sakit meski dengan sedikit gerakan.