Ada ASN Sangihe yang Nekad Mudik
Ilustrasi.

Ada ASN Sangihe yang Nekad Mudik

SANGIHE, publikreport.com – Sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkup Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe ditengarai melakukan perjalanan keluar daerah. Aktivitas ini sangat disayangkan Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Kepulauan Sangihe, karena dilakukan di tengah pandemi Covid-19 (Coronavirus Disease 2019).

“Setelah kami sortir daftar pelaku perjalanan, sedikitnya ada 12 ASN yang masih belum mematuhi anjuran pemerintah untuk tidak mudik. Ada juga beberapa ASN yang kami dapatkan pada saat inspeksi mendadak (sidak) di area pelabuhan,” ungkap Kepala BKPSDM Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Steven Lawendatu.

Menindaklanjuti hal tersebut, Steven mengatakan, hari ini, Sabtu 09 Mei 2020, pihaknya telah memanggil enam orang untuk Berita Acara Pemeriksaan (BAP) oleh BKPSDM.

“Tadi saat BAP, ditemukan ASN dengan alasan berobat di luar daerah dan kami minta bukti rujukan. Kemudian bagi yang sudah melakukan isolasi, harus dibuktikan dengan surat keterangan selesai melaksanakan Protokol Covid-19,” jelasnya.

BACA JUGA: Dampak Covid-19, Pejabat Sangihe Dilarang Keluar Daerah

BACA JUGA: ASN Dilarang Ajukan Cuti Selama Pandemi Covid-19

BACA JUGA: ASN Mudik, BKD: Siap Terima Sanksi

Tindakan tegas ini diambil, menurut Steven, apalagi sebelumnya telah ada larangan mudik bagi ASN.

β€œIni tidak bisa dibiarkan,” ujarnya.

Steven berharap, tidak ditemukan lagi ASN yang dengan sengaja atau tanpa alasan jelas melakukan perjalanan keluar daerah.

“Tentunya bagi ASN yang tanpa alasan jelas melakukan perjalanan keluar daerah, siap-siap menerima hukuman disiplin tingkat sedang dan berat,” katanya. | VEBE