PUBLIKREPORT.com

Akbar Ungkapkan Setiap Angin Kencang Petugas PLN Tak Tidur

Akbar Akili, Manajer Keuangan, SDM dan Administrasi PT PLN (Persero) Area Tahuna.

Terkait pemadaman listrik yang kerap terjadi akhir-akhir ini di wilayah Kabupaten Kepulauan Sangihe.

***

“Memang sudah ada petugas PLN yang selalu stand by memantau gangguan jaringan, tapi jika ada informasi warga, petugas akan lebih cepat mengetahui posisi gangguan dan penangannya akan lebih cepat ketimbang petugas yang harus melakukan deteksi lokasi gangguan”

Akbar Akili, Manajer Keuangan, SDM dan Administrasi PT PLN (Persero) Area Tahuna.

TAHUNA, publikreport.com – Angin kencang disertai hujan dengan intensitas tinggi masih melanda Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Bagi warga biasa jika kondisi hujan mungkin momen yang indah untuk terlelap. Tapi lain halnya bagi petugas PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Area Tahuna. Ketika cuaca buruk melanda wilayah yang berbatasan dengan Filipina, -meski malam hari- para petugas PLN harus stand by, was-was menunggu keluhan listrik padam.

Demikian dikisahkan Manajer Keuangan, Sumber Daya Manusia (SDM) dan Administrasi PT PLN (Persero) Tahuna, Akbar Akili, Jumat 14 Februari 2020.

“Pokoknya setiap angin bertiup di malam hari, petugas PLN tak bisa tidur. Mereka selalu stand by menunggu laporan adanya padaman tak sengaja, dan harus segera turun ke lapangan mencari penyebab pemadaman,” tuturnya.

BACA JUGA: Lagi, Aliran Listrik di Sangihe Padam Mendadak

Mengapa setiap angin dan hujan menjadi penyebab terjadi pemadaman listrik tak disengaja? Akbar menjelaskan, karena angin kencang banyak dedaunan jatuh dan pohon patah mengena jaringan kabel listrik yang notabene rentan terhadap gangguan.

“Terutama untuk luar kota Tahuna, banyak posisi kabel listrik berada di bawah pohon, sehingga ketika ada daun jatuh atau dahan patah lalu mengenai kabel, pasti langsung gangguan,” jelasnya.

BACA JUGA: Pohon Tumbang Padamkan Listrik Sangihe

Masyarakat, Akbar berharap dapat memahmi jika terjadi pemadaman tidak terencana. Termasuk meminta warga segera menginformasikan ke PLN jika dilingkungan sekitar terjadi pemadaman listrik.

“Memang sudah ada petugas PLN yang selalu stand by memantau gangguan jaringan, tapi jika ada informasi warga, petugas akan lebih cepat mengetahui posisi gangguan dan penangannya akan lebih cepat ketimbang petugas yang harus melakukan deteksi lokasi gangguan,” katanya.

BACA JUGA: Listrik Padam, Ini Penyebabnya…

Tepisah, Manajer Unit Layanan Pelanggan (ULP) PT PLN (Persero) Petta, Tabukan Utara, Montekarlo Spanye mengatakan, penyebab listik padam mendadak beberapa hari terakhir, diantaranya jaringan arah Kelurahan Lesa, phase ‘S’ putus, gangguan fider Petta-Kendahe di Kampung Kalasuge, gangguan antara kampung Lenganeng jalur Kelurahan Dumuhung Buas Mangki dan Kampung Bowombaru serta ada terjadi gangguan dua unit mesin PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel) di PLN Tamako.

BACA JUGA: Kabel Listrik Sepanjang 3 Km Dipasang Tanpa Tiang Dikeluhkan Warga

 

VERRY BAWOLEH

0 Reviews

Write a Review

Read Previous

Penemuan Jenazah di Airmadidi Atas

Read Next

Lagi, Wakil Rakyat Janji Kawal Aspirasi Warga di Musrenbang

Leave a Reply