You are currently viewing Anggaran Pendidikan Meningkat, Bambang: Kualitas Perguruan Tinggi Jadi Tantangan
Ilustrasi perguruan tinggi.

Anggaran Pendidikan Meningkat, Bambang: Kualitas Perguruan Tinggi Jadi Tantangan

BACA JUGA: Sri Mulyani Mulai Rintis Dana Abadi untuk Pendidikan

Salah satu fokus yang menjadi sorotan saat ini, Bambang mengungkapkan, adalah permasalahan tata kelola dan mutu perguruan tinggi. Beberapa masalah yang dihadapi antara lain lemahnya kelembagaan, rendahnya status akreditasi program studi, rendahnya mutu program studi, serta masalah hambatan pelaksanaan kebijakan dan target pendidikan yang dilaksanakan oleh Kemenristekdikti. Berkaitan dengan hal tersebut Panja Kelembagaan dan Akreditasi Program Studi Perguruan Tinggi mendorong Kemenristekdikti untuk memperbaiki tata kelola dan kualitas perguruan tinggi, agar menjadi perguruan tinggi yang unggul dan memiliki daya saing dalam ikut melaksanakan percepatan pembangunan. Kemenristekdikti juga harus segera menentukan fokus peningkatan mutu, daya saing, akses, tata kelola, dan relevansi agar dapat melakukan percepatan peningkatan kualitas perguruan tinggi.

BACA JUGA: Izin Pembukaan Prodi dan Pendirian PT Hanya 15 Hari

Pelaksanaan fungsi pengawasan terhadap pendidikan, termasuk pendidikan tinggi, Bambang menambahkan, sejalan dengan ketentuan yang diatur dalam Pasal 66 Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Pengawasan tersebut dilaksanakan guna memastikan pelaksanaan pendidikan tinggi sesuai dengan amanah UUD 1945.

Sehingga tiga tujuan utama pendidikan tinggi sesuai amanah UUD 1945 bisa terwujud,” tegasnya.

BACA JUGA: Kasus UKIT dan Wibawa GMIM

Turut  menjadi narasumber dalam seminar nasional dengan moderator Prof Effendy Gazali ini, antara lain Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Aloysius Kilik Ro, Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PT Perusahaan Gas Negara (PGN), Syahrial Mukhtar, dan dihadiri Rektor Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama), Prof Dr Rudy Harjanto, Direktur Program Pascasarjana Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama), Prof Dr Paiman Raharjo. | DORANG

Leave a Reply