You are currently viewing Angka Covid-19 di Sulut Masih Bertambah
Steaven P Dandel, Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Provinsi Sulut, pada konferensi pers, Kamis 28 Mei 2020, malam.

Angka Covid-19 di Sulut Masih Bertambah

MANADO, publirkeport.com – Kasus Covid-19 di Sulut, masih menunjukkan terjadi peningkatan. Hari ini, Kamis 28 Mei 2020, terjadi penambahan 16 kasus positif Covid-19 (Coronavirus Disease 2019), sehingga total menjadi 297. Angka Pasien Dalam Pengawasan (PDP) sebanyak 165 dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) 131.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Provinsi Sulut, Steaven P Dandel pada konferensi pers, Kamis 28 Mei 2020, malam, berharap angka Covid-19, jumlahnya makin konstan dan akan menunjukkan adanya tanda-tanda pendataran (leveling) kurva demografis.

“Kita berharap ini menjadi indikasi awal, Sulut akan memasuki masa-masa puncak Covid-19,” ujarnya.

Gugus Tugas, menurut Steaven juga berharap kepada Tim Surveilens dan Tim Medis agar terus aktif di lapangan dan tidak terlena.

Positif

297

PDP

165

ODP

131

“Update kasus Covid-19 ini harus merupakan kondisi epidemologis sebenarnya. Bukan merupakan karena aktivitas penurunan di lapangan. Kita harus mendeteksi, menangkap sebanyak mungkin kasus positif. Karena jika tidak berhasil, mereka yang tidak terdeteksi, akan menjadi sumber penularan,” jelasnya.

Pekerjaan ini, Steaven mengatakan, bukan semata-mata tugas Tim Surveilens Sulut, tapi harus ada kolaborasi dengan Tim Surveilens Kabupaten dan Kota.

“Kita bersama-sama membentuk jaring menangkap sebanyak mungkin kasus Covid-19. Dengan adanya kerja sama, kita akan mampu menurunkan kurva epidemologis,” terangnya.

Gugus Tugas, Steven menegaskan, terus mendistribusikan alat pemeriksaan ke seluruh kabupaten/kota. Supaya kegiatan pemeriksaan swab tetap berlangsung di lapangan.

“Jangan kendor, terus memperluas. Supaya semua ini clear, bukan fenomena gunung es,” paparnya. | DORANG

Leave a Reply