You are currently viewing Aniaya Petugas Covid-19, 2 Warga Jadi Tersangka
Dua lelaki, masing-masing berinisial RM (30) dan HM (33), warga Desa Kobo Kecil, Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu, Provinsi Sulut, ditetapkan sebagai tersangka oleh Penyidik Satreskrim Polres Kotamobagu atas kasus dugaan tindak pidana penganiayaan terhadap petugas Covid-19 RSUD Kotamobagu yang terjadi pada 21 Januari 2021, saat pemakaman pasien Covid-19 di Desa Kobo Kecil.

Aniaya Petugas Covid-19, 2 Warga Jadi Tersangka

KRIMINALITAS

KOTAMOBAGU, publikreport.com – Penyidik Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Kepolisian Resort (Polres) Kotamobagu, Rabu 03 Februari 2021, menetapkan RM (30) dan HM (33), warga Desa Kobo Kecil, Kecamatan Kotamobagu Timur, Kota Kotamobagu, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) sebagai tersangka atas kasus dugaan tindak pidana penganiayaan terhadap petugas Covid-19 (Coronavirus Disease 2019) RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) Kotamobagu. Tindak pidana tersebut diduga dilakukan kedua lelaki tersebut pada 31 Januari 2021 di Desa Kobo Kecil saat pemakaman pasien Covid-19.

“Kedua tersangka sudah ditahan di Rutan (Rumah Tahanan) Polres Kotamobagu untuk kepentingan penyidikan selanjutnya. Kami menghimbau kepada masyarakat agar tetap patuhi anjuran pemerintah dan protokol kesehatan serta saling menghormati semuanya agar bisa bergandengan tangan bekerja bersama untuk menciptakan Kotamobagu yang sehat, kondusif, sadar prokes dan terbebas dari wabah Covid-19. Kesalahpahaman seperti ini tidak perlu terjadi lagi di wilayah kita tercinta,” kata Kapolres Kotamobagu melalui Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Hubungan Masyarakat (Humas), Ajun Komisaris Polisi (AKP) Rusdin Zima.

Penahanan terhadap kedua tersangka, menurut Rusdin, merupakan tindak lanjut dari Laporan Polisi Nomor LP/47/I/2021/Sulut/Res-KTG tanggal 31 Januari 2021 yang dilaporkan salah satu karyawan RSUD Kotamobagu. Dimana saat itu petugas Covid-19 diduga didorong hingga jatuh ke dalam liang lahat saat menurunkan peti jenazah.

Pemakaman di Sarongsong berjalan aman

Di tempat terpisah, di Kelurahan Sarongsong 2, Kecamatan Airmadidi, Kabupaten Minahasa Utara (Minut) petugas Covid-19, Rabu 03 Februari 2021, memakamkan seorang pria lanjut usia (67 tahun) yang meninggal karena Covid-19. Pemakaman berjalan lancar dan kondusif dengan pengawalan dari Polsek Airmadidi dibackup personil TNI (Tentara Nasional Indonesia) dan Pemerintah Kelurahan Sarongsong 2.

“Pemakaman berlangsung lancar, tanpa adanya penolakan dari warga sekitar lokasi pemakaman,” jelas Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Airmadidi, AKP Mardy FC Tumanduk.

Usai kegiatan pemakaman, Mardy mengatakan, masyarakat hendaknya dapat memetik pelajaran berharga dari setiap kegiatan pemakaman Covid-19.

“Semakin intensnya pemakaman Covid-19 hari demi hari, memberi pelajaran bagi setiap individu untuk semakin disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, sehingga tidak terpapar Covid-19,” imbau Mardy yang didampingi Wakapolsek, Inspektur Dua (Ipda) Ronny JM Raturandang dan Lurah Sarongsong 2, Merry Rumuat. | RIO YANTO

Leave a Reply