You are currently viewing Api Hanguskan 3 Rumah Warga Manado
Puing-puing dari tiga rumah warga yang dilahap api di Lingkungan IV, Kelurahan Tikala Baru, Kecamatan Tikala, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Jumat 30 Agustus 2019, sekitar jam 11.45 WITA. Ketiga rumah ini masing-masing milik Keluarga Kaunang-Rogi, Sukono-Apena dan Sukono-Suparti.

Api Hanguskan 3 Rumah Warga Manado

MANADO, publikreport.com – ‘Si jago merah’, Jumat 30 Agustus 2019, sekitar jam 11.45 WITA, beraksi di Kota Manado. Api berkobar-kobar menghanguskan tiga rumah warga di Lingkungan IV, Kelurahan Tikala Baru, Kecamatan Tikala, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Ketiga rumah ini masing-masing milik Keluarga Kaunang-Rogi, Sukono-Apena dan Sukono-Suparti.

Enam unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) Pemerintah Kota Manado bersama warga dibantu kepolisian dan TNI (Tentara Nasional Indonesia) bahu-membahu berupaya memadamkan api.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Kerugian material diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah,” kata Kepala Satuan (Kasat) Reserse Kriminal (Reskrim) Kepolisian Resort Kota (Polresta) Manado, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Thommy Arruan.

Penyebab kebakaran, Thommy menjelaskan, dugaan sementara karena hubungan pendek listrik (korsleting) di salah satu rumah. Penyebab pasti masih dalam penyelidikan.

Api cepat membesar dan menjalar karena ketiga rumah itu terbuat dari kayu dan tripleks, ditambah lagi angin yang bertiup cukup kencang saat itu,” jelasnya.

Saksi, Anita Rengkuan (47) yang tinggal bersebelahan dengan salah satu rumah korban, kepada polisi menceritakan, saat itu sedang menjemur pakaian lalu mendengar teriakan kebakaran dari para tetangga lainnya. Anita segera mencari tahu lokasi kebakaran, dan melihat kepulan asap tebal dari dalam kamar Ronal Johan. Ia juga melihat Ronal sempat berupaya memadamkan api, namun akhirnya menyelamatkan diri karena api makin membesar.

Saksi lainnya, Kartini Pakaya (37) mengatakan, mendengar letupan dari luar rumahnya dan teriakan dari sejumlah warga. Saat keluar rumah, Kartini melihat rumah korban yang berdekatan dengan rumahnya, telah terbakar.

Leave a Reply