You are currently viewing APK Caleg Masih Terpasang
Salah satu Alat Peraga Kampanye (APK) milik salah satu calon legislatif (caleg) dari partai politik (parpol) yang masih terpasang di ruas jalan Kecamatan Tombulu, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). (foto: publikreport.com)

APK Caleg Masih Terpasang

POLITIK

TONDANO, publikreport.com – Di sejumlah ruas jalan di Kabupaten Minahasa nampak masih terpasang Alat Peraga Kampanye (APK) calon legislatif (caleg) dan partai politik (parpol) padahal Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 27 April 2019 sudah berakhir. Bahkan sebelumnya ada tahapan masa tenang di mana semua APK harus diturunkan/dibersihkan.

Terkait hal tersebut, sejumlah warga mengkritik Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Minahasa.

Masih ada beberapa baliho yang terpasang di rumah maupun ruas jalan yang ada di Kecamatan Tombulu ini. Kemana ini Panwas (Panitia Pengawas) desa, kecamatan atau Bawaslu. Bayangkan, mereka yang teriak-teriak sebelum masa tenang supaya APK diamankan, tapi ternyata mereka yang biarkan itu terpasang sampai sekarang,” kata Simson Kaunang, warga Desa Koka, Kecamatan Tombulu, Sabtu 27 April 2019.

Memang diakuinya, pengaruh psikologis bagi pemilih dengan keberadaan APK tidak terlalu besar, tapi asas keadilan dan disiplin penyelenggara patut digaris bawahi.

Hanya bersihkan APK sesuai aturan tidak bisa mereka lakukan. Harusnya mereka malu,” ujarnya.

BACA JUGA: Banyak APK Caleg Langgar Keputusan KPU

BACA JUGA: PSU Pemilu di Desa Kembes 2, Pemilih 100% Plus

Leave a Reply