You are currently viewing Aprilio Perkasa Resmi Nama Baru Aprilia Manganang
Aprilia Manganang resmi menjadi laki-laki dan diberi nama Aprilio Perkasa Manganang sebagaimana putusan PN Tondano, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulut, Jumat 19 Maret 2021. Nampak KSAD, Andika Pratama memasangkan papan nama identitas baru kepada Aprilio Perkasa Manganang. (foto: antara/m risyal hidayat/cnnindonesia)

Aprilio Perkasa Resmi Nama Baru Aprilia Manganang

JAKARTA, publikreport.com – Pengadilan Negeri (PN) Tondano, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), resmi mengabulkan permohonan pengubahan nama Aprilia Manganang jadi Aprilio Perkasa Manganang, Jumat 19 Maret 2021. Nama baru tersebut diharapkan bisa diterapkan di Dukcapil (Kependudukan dan Catatan Sipil) secara resmi. Artinya, Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan akte kelahiran bakal berganti nama.

“Mengabulkan permohonan pemohon untuk seluruhnya. Menetapkan pemohon Aprilia Santini Manganang berubah jenis kelamin dari perempuan ke laki-laki. Menetapkan perubahan nama pemohon dari Aprilia Santini Manganang ke Aprilio Perkasa Manganang,” kata Hakim PN Tondano, Nova Laura.

Sejak lahir Aprilio diangap berjenis kelamin perempuan dan diberi nama Aprilia Santini Manganang. Namun, mantan atlit voli berusia 28 itu mengalami kelainan medis yang disebut hipospadia atau bentuk kelamin yang kerap dialami bayi laki-laki saat dilahirkan.

Setelah dilakukan rekam medis ulang di RSPAD (Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat) Gatot Subroto, diketahui hormon testosteron Aprilio lebih tinggi. Tak hanya itu di dalam organ dalamnya pun tak ada organ tubuh yang mestinya dimiliki perempuan.

Status kelamin yang dimiliki Aprilia selama ini merupakan kesalahan diagnosa, lantaran Aprilio sejak lahir telah mengalami kelainan Hipospadia.

Hal itu dibenarkan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Andika Perkasa saat konferensi pers di Mabes (Markas Besar) AD terkait kondisi Aprilio Mangangang. Pihak TNI AD juga mendukung operasi perbaikan fisik kepada Aprilio yang menjalani rekrutmen khusus anggota pada 2016 lalu. Kini, ia resmi mengganti nama jadi Aprilio Perkasa Manganang.

Kata Pertama Aprilio

Aprilio menyambut putusan hakim itu dengan ucapan syukur. Menurutnya, perubahan identitas itu sudah sejak lama ia nantikan.

“Terima kasih yang mulia, terima kasih banyak yang mulia. Semoga ini awal yang baik buat saya ke depan. Awal yang baru karena ini yang saya tunggu selama ini,” ucap Aprilio sembari menahan haru saat berlangsungnya sidang virtual.

“Puji Tuhan akhirnya saya bisa melewati ini semua ini berkat pak KSAD [Andika Perkasa], bu Hetty dan para dokter. Saya bersyukur bisa melewati ini. Ke depan saya fokus ke profesi saya sebagai prajurit TNI AD di mana pun saya ditempatkan,” sambungnya.

Menangis

Aprilia Manganang tak kuasa menahan tangis saat sidang pergantian identitas yang berlangsung secara virtual pada Jumat 19 Maret 2021, pagi. Di sidang itu, Aprilia mengajukan nama baru Aprilio Perkasa Manganang.

Aprilia menangis saat ditanya perasaannya oleh Hakim, Nova Laura yang memimpin sidang. Sidang pergantian identitas secara virtual itu juga dihadiri kakak pemohon, Amasya Manganang dan KSAD Jenderal, Andika Perkasa.

“Perasaan saya sangat bahagia. Selama 28 tahun saya menjalani status sebagai wanita. Saya bersyukur banget bisa melewati itu dan terutama berterima kasih kepada Pak KSAD [Andika Perkasa] dan ibu, jajaran dokter,” ucapnya.

“Semua bisa saya lewati dan mungkin ini momen terindah buat saya dan saya mau awali hidup saya yang baru, lembaran hidup baru. Ini transisi buat saya mau jadi lelaki sejati dan bisa bertanggung jawab,” sambungnya.

Leave a Reply