You are currently viewing Arnold: Penyuluhan Via Media Online Menjadi Tuntutan
Arnold C Turang, Penyuluh Pertanian Pertama di BPTP Sulawesi Utara (Sulut) saat merawat berbagai tanaman di halaman rumahnya yang berada dibilangan Kelurahan Paslaten, Kecamatan Tomohon Timur, Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Arnold: Penyuluhan Via Media Online Menjadi Tuntutan

MANADO, publikreport.com – Fenomena global dunia khususnya adlam Revolusi Pertanian Keempat (RP-4), penyuluhan pertanian via media online akan menjadi tuntutan. Apalagi Kementerian Pertanian (Kementan) sementara mempersiapkan petani-petani milenial.

Hal ini dikatakan, Arnold C Turang, Penyuluh Pertanian Pertama di BPTP Sulawesi Utara (Sulut) saat dimintai tanggapan oleh publikreport.com, terkait soft opening Obor Pangan Lestari (Opal) yang ditandai dengan penebaran ikan mujair (oreochromis mossambicus) dan oreochromis niloticus serta ikan lele (clarias) ke kolam-kolam milik Kantor BPTP Sulut oleh Kepala Balai Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Bapelitbangtan) BPTP Sulut, Yusuf MP, Selasa 16 Juli 2019.

Sebagaimana Kepala Balitbangtan BPTP Sulut, lingkungan di rumah harus dijadikan sebagai laboratorium diseminasi penyuluh. Penyuluh juga jangan gagap media online. Soft opening Opal merupakan langkah smart yang diinisiasi Kepala Balitbangtan BPTP Sulut yang harus diimplementasikan teman-teman penyuluh,” kata Arnold.

BACA JUGA: Mujair dan Lele Ditebar

BACA JUGA: Petani Diminta Respons Teknologi

BACA JUGA: Agribisnis Berbasis Teknologi Dikembangkan

Perkembangan tanaman di rumah, menurut Arnold menjadi indikator bahan penyuluhan kepada petani yang didampingi penyuluh. Karena perkembangan tanaman di rumah sama dengan tanaman petani yang didampingi. Sehingga memudahkan untuk mengingatkan petani terhadap kondisi tanaman.

Tanaman di rumah penyuluh sama dengan tanaman petani. Sehingga melalu WhatsApp (WA) penyuluh dapat berdialog terkait tanaman petani. Bahkan dari rumah penyuluh dapat mendesain inovasi teknologi media online dan menguploadnya,” jelasnya, seraya mencontohkan, saat penyuluh melakukan kunjungan lapangan, yakni mendampingi petani menanam sayur atau lainnya. Penyuluh meminta beberapa bibit dari petani untuk ditanam di rumah. | VERONICA DSK

Leave a Reply