ASN Sulut Diberi Edukasi Tentang Jaminan Sosial
Ilustrasi.

ASN Sulut Diberi Edukasi Tentang Jaminan Sosial

MANADO, publikreport.com – Aparatur Sipil Negara (ASN) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Kamis, 20 September 2018, diberikan edukasi tentang manfaat Jaminan Sosial Tenaga Kerja. Sosialisasi dan edukasi ini diselenggarakan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinakertrans) Sulut.

“Saya merespon positif dan memberikan apresiasi yang tinggi atas komitmen penyelenggara jaminan sosial di daerah dalam memberikan pelayanan yang prima terhadap konsumen dalam hal ini seluruh ASN,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulut, Femmy Suluh.

Penyelenggaraan jaminan sosial yang baik dan berkelanjutan, menurut Femmuy, merupakan salah satu pilar negara untuk mewujudkan kesejahteraan. Karena konstitusi telah menjamin adanya sistem jaminan sosial dalam hal ini Jaminan Sosial Ketenagakerjaan yang diatur melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 70 Tahun 2015.

“Ingatlah bahwa sejumlah program ini dilakukan guna memberikan perlindungan menyeluruh bagi seluruh ASN khususnya di Provinsi Sulut, serta dalam upaya menyangga perekonomian nasional demi tercapainya kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Tampil sebagai narasumber dalam sosialisasi dan edukasi ini dari PT Taspen (Persero) yang menjelaskan tentang manfaat Jaminan Sosial, seperti:

  1. Tabungan Hari Tua, manfaat asuransi

○ Peserta meninggal dunia

○ Istri/Suami peserta meninggal dunia

○ Anak peserta meninggal dunia (max 3 peristiwa)

  1. Pensiun, manfaat:

○ Pensiun bulanan

○ Uang duka wafat

○ Pensiun terusan

○ Pensiun Janda/Duda/Yatim Piatu

○ Pensiun ke-13