Bacaleg Parpol Belum Lengkap Berkas
Robby Golioth, Komisioner KPU Kota Tomohon. (Foto: PUBLIKREPORT.COM)

Bacaleg Parpol Belum Lengkap Berkas

POLITIK

TOMOHON, publikreport.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon telah melakukan verifikasi terhadap berkas Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) Partai Politik (Parpol) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Hasil verifikasi ditemukan beberapa Bacaleg Parpol yang berkasnya belum lengkap.

Seluruh Parpol, menurut Komisioner KPU Kota Tomohon, Robby Golioth, berkasnya belum lengkap. Tapi kelengkapan yang paling kurang yakni Partai Berkarya, Parta Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

“Kepada masing-masing Parpol masih diberikan kesempatan untuk memasukkan/memperbaiki berkas mulai 22-31 Juli 2018. Ini kesempatan perbaikan berkas. Karena hanya satu kali perbaikan,” jelas Robby kepada publikreport.com, Senin, 23 Juli 2018, siang di Kantor KPU Kota Tomohon.

Kekurangan berkas yang ditemukan KPU saat memverifikasi, Robby mengatakan, seperti ijazah yang tidak dilegalisir, surat keterangan kesehatan dan pernyataan mengundurkan diri dari pejabat (Pegawai Negeri Sipil/Aparatur Sipil Negar), direksi, karyawan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)/Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atau mereka yang menduduki jabatan yang dibiayai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah/Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBD/APBN).

“Untuk syarat Bacaleg belum ada satupun dari keseluruhan Parpol yang mendaftar yang memenuhi syarat,” ungkapnya.