You are currently viewing Bagaimana Mengukur Indeks Profesionalitas ASN?
Ilustrasi.

Bagaimana Mengukur Indeks Profesionalitas ASN?

JAKARTA, publikreport.com – Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana, pada 10 Mei 2019, telah menandatangani Peraturan BKN Nomor 8 Tahun 2019 tentang Pedoman Tata Cara dan Pelaksanaan Pengukuran Indeks Profesionalitas Aparatur Sipil Negara (ASN). Peraturan ini dengan pertimbangan untuk melaksanakan ketentuan Pasal 17 Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpanrb) Nomor 38 Tahun 2018 tentang Indeks Profesionalitas Aparatur Sipil Negara.

Peraturan ini bertujuan agar terdapat standar bagi instansi pusat dan daerah dalam melaksanakan pengukuran indeks profesionalitas ASN secara sistematis, terukur, dan berkesinambungan,” bunyi Pasal 2 ayat (2) Peraturan BKN itu.

Pengukuran indeks profesionalitas ASN, menurut peraturan itu, dilaksanakan di seluruh instansi pusat dan daerah yang pelaksanaannya dikoordinasikan oleh unit kerja yang bertanggungjawab dalam pengelolaan pegawai ASN pada masing-masing instansi.

Adapun kebijakan umum dalam pengukuran indeks profesionalitas ASN, peraturan itu menjelaskan, dilaksanakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (KemenPANRB). Sedangkan tata cara dan pelaksanaan pengukuran indeks profesionalitas ASN dilaksanakan oleh BKN.

Kriteria pengukuran

Disebutkan dalam peraturan itu, kriteria pengukuran tingkat profesionalitas ASN diukur melalui dimensi kualifikasi, kompetensi, kinerja, dan disiplin.

Dimensi kualifikasi digunakan untuk mengukur data/informasi mengenai kualifikasi pendidikan formal PNS (Pegawai Negeri Sipil) dari jenjang paling tinggi sampai jenjang paling rendah, dan diperhitungkan sebesar 25% dari keseluruhan pengukuran.

Leave a Reply