Balapan Liar Dikeluhkan Warga, Polisi Lakukan Hunting
Polsek Likupang membubarkan sekelompok anak muda yang diduga akan melakukan balapan liar, Minggu, 02 September 2018, malam, saat melakukan patroli hunting di Desa Maen, Kecamatan Likupang.

Balapan Liar Dikeluhkan Warga, Polisi Lakukan Hunting

KRIMINALITAS

AIRMADIDI, publikreport.com – Warga di beberapa kecamatan yang ada di Kabupaten Minahasa Utara (Minut), wilayah hukum Kepolisian Resort (Polres) Mnut mengeluhkan maraknya balapan liar di malam hari. Merespons keluhan warga ini, beberapa Polsek (Kepolisian Sektor) melakukan patroli hunting di malam maupun siang hari.

Minggu, 02 september 2018, Kepala Unit (Kanit) Lalu Lintas (Lantas) Polsek Likupang, Ajun Inspektur Dua (Aipda) Ayub Tember memimpin patroli hunting di malam hari. Tiba di Desa Maen, Kecamatan Likupang didapati sejumlah anak muda yang akan melakukan balapan liar.

Petugas mengambil tindakan tegas dengan membubarkan, namun terlebih dahulu diberikan himbaun maupun pembinaan. Kelompok anak muda ini mengerti dan membubarkan diri, pulang ke rumah masing-masing.

“Patroli hunting di malam hari ini bertujuan mencegah  serta meminimalisir terjadinya tindak kriminal,” kata Ayub.

Patroli di malam dan siang hari juga dilakukan Polsek Airmadidi, Minggu, 02 September 2018, tim patroli dipimpin Kepala Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK), Aipda Sam Dalle melaksanakan patroli dengan sasaran kejahatan jalanan dan premanisme.

Sementara patroli, tim menemui sekelompok anak muda yang masih berada di jalanan, padahal sudah larut malam. Satu persatu mereka digeledah kemudian diarahkan pulang ke rumah masing-masing.

“Patroli rutin ini untuk mencegah aksi premanism, kejahatan jalanan serta untuk meningkatkan kondusifitas kamtibmas (keamanan dan ketertiban masyarakat) di wilayah Kecamatan Airmadidi dan Kalawat,” kata Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Airmadidi, Inspektur Satu (Iptu) Hendrik Rantung.

Sekelompok pemuda yang lagi nongkrong di malam hari juga ditemui Kapolsek Kema, Iptu Munasir bersama delapan personilnya saat melakukan patroli, Sabtu, 01 September 2018, sekitar pukul 20.00 WITA, di Desa Waleo. Terhadap para pemuda ini dilakukan penggeledahan. Namun petugas tidak menemukan barang yang mencurigakan.

Tim patroli kemudian memberikan himbauan dan dianjurkan tidak mengkonsumi minuman keras (miras) di tempat umum

Setelah itu Patroli Polsek Kema memberikan himbauan kepada sekelompok pemuda itu untuk bersama-sama menjaga kamtibmas dilingkungan masing-masing serta untuk tidak mengkomsumsi minuman keras (miras) ditempat umum.

“Kegiatan Kepolisian Yang Ditingkatkan (K2YD) ini dilaksanakan guna menekan angka kriminalitas di wilayah hukum Polsek Kema. Sasaran operasi miras, premanisme, senjata tajam (sajam) dan kejahatan lainnya,” jelas Munasir. | ALFIAN TEDDY

Leave a Reply