Sosok Bataha Santiaga dalam lukisan.
Sosok Bataha Santiaga dalam lukisan.

Bataha Santiago Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

MANADO, publikreport.com – Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Olly Dondokambey mengusulkan nama Bataha Santiago untuk diberi gelar Pahlawan Nasional Republik Indonesia (RI) tahun 2021 ini. Usulan tersebut sudah disampaikan ke Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), pada 08 April 2021.

“Nama Bataha Santiago sudah kita usulkan ke Bapak Presiden. Semoga lolos, hingga bisa diangkat sebagai Pahlawan Nasional RI tahun 2021 ini,” ungkap Olly.

Pengusulan nama Bataha Santiago untuk ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional, Aldus Horohiung yang merupakan ahli waris Bataha Santiago dan Pengumpul Sejarah Sulut mengatakan, sudah pernah dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut pada tahun 2015 lewat Surat Keputusan (SK) Gubernur Provinsi Sulut Nomor: 72 Tahun 2015 tertanggal 12 Februari 2015.

Terkait kelengkapan administrasi sebagaimana yang diminta oleh Kementerian Sosial (Kemensos), dinyatakan telah memenuhi syarat dalam usulan calon Pahlawan Nasional pada tahun 2016 yang lalu.

“Sebelumnya sudah dibahas Tim Peneliti, Pengkaji Gelar Pusat (TP2GP). Mereka melakukan penelitian dan pengkajian secara cermat terhadap data dan fakta terkait riwayat hidup Bataha Santiago,” kata Aldus.

Kriteris penetapan Pahlawan Nasional, menurut Aldus, tertuang dalam Undang-Undang (UU) Tanda Kehormatan. Nantinya akan diputuskan tujuh orang yang memenuhi syarat untuk diusulkan kepada Presiden melalui Dewan Gelar Tanda Jasa dan Kehormatan.

“Saya minta dukungan masyarakat Sulut agar pada tahun ini nama Bataha Santiago dapat terpilih sebagai salah satu Pahlawan Nasional,” ujarnya.

Leave a Reply