Bedah Rumah (RTLH) di Tomohon Dinilai Tak Tepat Sasaran

Bedah Rumah (RTLH) di Tomohon Dinilai Tak Tepat Sasaran
Oma Bertha Lumowa (76), warga Lingkungan III, Kelurahan Kakaskasen III, Kecamatan Tomohon Utara, Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) di depan rumah tinggalnya. Wanita lanjut usia ini mengaku tidak mendapat bantuan bedah rumah (RTLH), kendati sudah didatangi orang pemerintah yang datang memeriksa, memfoto, mendata dan mewawancarai. (foto: publikreport.com)

BACA JUGA: Wisatawan: Besi-besi Ini Untuk Apa Ya?

Lagi pula, menurut Debby, untuk kelurahan di Kakaskasen raya belum ada yang dicover dalam program bedah rumah RTLH versi Program Kotaku.

Yang di Kakaskasen adalah program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Permukiman Rakyat (KemenPUPR). Dan ini tidak melibatkan kami,” jelasnya.

Pengadaan RTLH lewat program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Tomohon, Debby melanjutkan, pada tahun 2019 dilakukan di 8 kelurahan, yakni Tinoor I, II, Kinilow, Kinilow I, Kayawu, Lahendong, Pangolombian dan Tondangow.

Masing-masing dapat jatah 20 unit, kecuali Pangolombian yang plus 2. Total jumlah 162 unit, dengan anggaran sebesar Rp2,8 miliar,” ujarnya. | JOPPY JW

Leave a Reply