Cuma ada satu pilihan varian yang ditawarkan Suzuki Indomobil Sales (SIS), yakni versi 4WD dengan teknologi ‘ALLGrip Pro 4WD’. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Cuma ada satu pilihan varian yang ditawarkan Suzuki Indomobil Sales (SIS), yakni versi 4WD dengan teknologi ‘ALLGrip Pro 4WD’. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)

Bedah Spesifikasi Suzuki Jimny 4WD

Suzuki Jimny generasi keempat sudah bisa dibeli di Indonesia dengan status terbatas. Cuma ada satu pilihan varian yang ditawarkan Suzuki Indomobil Sales (SIS), yakni versi 4WD dengan teknologi ‘ALLGrip Pro 4WD”.

Di Jepang, negara satu-satunya yang memproduksi, Jimny ditawarkan dalam dua pilihan varian mesin yaitu RO6A 660 cc yang bernama Jimny dan K15B 1.500 cc yang diberi nama Jimny Sierra.

Di Indonesia, SIS cuma mengimpor dan menjual varian Sierra 1.500 cc 4WD yang dijual di Jepang. Namun di sini nama resminya hanya Jimny, tidak tertera nama Sierra.

Jimny generasi keempat tetap dirancang menggunakan ladder frame seperti pendahulunya, arsitektur itu dibutuhkan buat mengakomodasi konsep SUV kecil ini sebagai kendaraan yang sanggup diajak main di arena off-road.

Bodi mengotak tetap jadi ciri khas Jimny dengan berbagai macam fungsionalitas buat aktivitas luar ruang. Sudut maksimum bodi Jimny untuk menanjak sebesar 37 derajat di bagian depan, sedangkan di belakang 49 derajat.

Kemampuan menghadapi rintangan juga didukung ground clearance 210 mm buat meminimalisasi gesekan dengan bagian bawah bodi.

Jimny memiliki panjang 3.625 mm, lebar 1.645 mm, dan tinggi 1.720 mm, serta jarak poros roda 2.250 mm. Ukuran Jimny lebih kecil dan sempit ketimbang Ignis, namun lebih tinggi 125 mm.

BACA JUGA: 5 Mobil Off-Road Terbaik: Mulai Toyota FJ Hingga Jeep Wrangler

Wajah Jimny sengaja dibuat nostalgia. Pada bentuk lampu depan proyektor LED yang bulat dibuat seperti generasi pertama (LJ80), garis di kap mesin diadopsi dari generasi kedua (SJ140), dan gril menyerupai generasi ketiga (JB77).

Buat memenuhi kegiatan aktif, lampu depan Jimny punya fitur washer untuk membantu membersihkan mika dari cipratan lumpur, bumper dan over fender dirancang anti-gores, talang air di atap agar menjaga kabin dari tetesan ketika buka pintu, dan rear defogger.

Di kabin Jimny cuma muat empat penumpang, jok belakang bisa dilipat rata buat meningkatkan kapasitas bagasi. Jimny merupakan model mobil tiga pintu, cara penumpang mengakses ke baris kedua dengan masuk dari pintu penumpang depan. Jok penumpang depan bisa digeser hingga masuk ke baris kedua cukup mudah.

Leave a Reply