PUBLIKREPORT.com

Birokrat Wajib Netral di Pilkada

Sesuai dengan ketentuan seluruh ASN harus netral dan profesional dalam pelaksanaan Pilkada, baik ASN yang ada di provinsi maupun di kabupaten/kota”

Agus Fatoni, Pjs Gubernur Provinsi Sulut.

MANADO, publikreport.com – Pejabat Sementara (Pjs) Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Agus Fatoni meminta seluruh Pjs kepala daerah yang akan melaksanakan Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) di Sulut bersikap netral dalam menjalankan tugas.

Pjs Bupati Minsel (Minahasa Selatan) dan juga kepada seluruh Pjs yang menjabat untuk bisa bertugas secara profesional dan netral,” kata Agus saat menerima kunjungan Pjs Bupati Kabupaten Minsel di Rumah Dinas (Rudis) Gubernur Provinsi Sulut, Rabu 30 September 2020.

Sikap netral ini, Agus menegaskan, tidak hanya berlaku bagi Pjs kepala daerah, tapi untuk seluruh birokrat, sehingga pelaksanaan Pilkada dapat berjalan lancar, damai, jurdil (jujur dan adil), luber (langsung, umum, bebas dan rahasia) serta sehat dalam artian aman dari Covid-19 (Coronavirus Disease 2019).

Sesuai dengan ketentuan seluruh ASN (Aparatur Sipil Negara) harus netral dan profesional dalam pelaksanaan Pilkada, baik ASN yang ada di provinsi maupun di kabupaten/kota,” ujarnya.

Pertemuan antara Pjs Bupati Kabupaten Minsel dan Pjs Gubernur Provinsi Sulut ini koordinasi terkait pelaksanaan tugas Pjs Bupati Minsel dan membahas tentang tidak adanya penyambutan dan fasilitas rumah jabatan dan kendaraan dinas kepada Pjs Bupati Minsel usai resmi dikukuhkan pada Sabtu pekan lalu.

Mengenai hal tersebut, Agus mengatakan, pemerintah daerah wajib memfasilitasi Pjs kepala daerah.

Sama seperti saya difasilitasi pemerintah provinsi. Untuk tempat nginap disesuaikan dengan daerah. Yang penting Pjs karena pendatang harus difasilitasi sesuai dengan perundang-undangan,” jelas Agus yang didampingi Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sulut, Edwin Silangen.

Pjs Bupati Kabupaten Minsel, Meiki Onibala menjelaskan, situasi dan kondisi di Minsel berjalan kondusif. Terkait fasilitas kendaraan dinas dan rumah dinas, ia menyebut tengah diperbaiki sesuai keterangan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minsel.

Untuk kendaraan dinas sedang rusak dan rumah dinas sementara diperbaiki,” katanya.

BACA JUGA:

0 Reviews

Write a Review

Read Previous

Presiden Harap Pariwisata Sulut Berkembang Lebih Baik

Read Next

Pengurus FKPA Sulut Dilantik