Ilustrasi pakaian kerja wanita. (foto: aliexpress.com)
Ilustrasi pakaian kerja wanita. (foto: aliexpress.com)

Apa Arti Warna Pakaian Kerja Anda? Simak Maknanya

MEMADUPADANKAN pakaian untuk bekerja kadang membuat kita pusing. Apalagi jika koleksi pakaian Anda tidak terlalu banyak. Akhirnya pakaian yang dikenakan itu-itu saja sehingga penampilan Anda kurang maksimal.

Warna pakaian mempengaruhi suasana hati Anda. Warna pakaian yang dipilih juga bisa mempengaruhi cara orang memandang kita. Tapi, tentu saja, warna baju bukanlah satu-satunya hal yang memengaruhi persona kita. Anda masih bisa disukai orang lain meskipun mengenakan setelan kuning ke kantor. Namun, ketika Anda tidak harus pakai seragam kantor dan punya kewenangan untuk menentukan warna dan model pakaian kerja, maka pilihlah yang terbaik.

Jika Anda mengalami kesulitan memilih model pakaian yang harus dipakai untuk bekerja hari ini, cobalah fokus pada pemilihan warna yang tepat. Menurut sebuah penelitian yang dikutip situs Business Insider, warna (pakaian) dapat mempengaruhi suasana hati kita dan cara orang lain merespons kita.

Hebatnya lagi, menurut Keith Jacobs dan Frank Hustmyer yang melakukan penelitian tentang warna tahun 1974, warna bahkan bisa mengubah detak jantung, tekanan darah dan respirasi manusia.

Berikut panduan memilih warna pakaian yang boleh (dan tidak boleh) Anda pilih untuk pergi ke kantor seperti dilansir Qerja.com

Hijau.

Warna ini menunjukkan kesegaran, keamanan dan harmoni. Warna tersebut juga terkait dengan uang dan sinyal “jalan” untuk lampu lalu lintas – karakteristik bagus di tempat kerja. Warna hijau akan menenangkan mata orang yang memandangnya. Hal ini menjadikan warna hijau sebagai pilihan yang baik untuk orang-orang yang duduk di depan layar selama berjam-jam.

Biru.

Inilah warna kebenaran dan kebijaksanaan. Warna tersebut juga memiliki efek menenangkan dan terkait dengan kecerdasan. Warna biru yang paling stabil. Jadi jika Anda memiliki tempat kerja yang mudah berubah atau penuh drama, warna biru adalah warna yang bagus untuk dipakai untuk mengatasi ketegangan.

Coklat.

Warna kestabilan. Baju coklat akan membuat pemakainya terlihat maskulin. Jika Anda seorang wanita di tempat kerja yang didominasi laki-laki, mengenakan setelan cokelat coklat bisa memberi Anda kredibilitas.

Leave a Reply