Ilustrasi, Bunaken.
Ilustrasi, Bunaken.

Bunaken Jadi Destinasi Selam Terbaik Dunia

TAMAN Nasional Bunaken menjadi pemenang destinasi selam terbaik dunia. Bersama Bunaken, Taman Nasional Wakatobi meraih predikat yang sama.

Predikat itu disematkan oleh Dive Magazine. Ini adalah prestasi untuk kedua kali secara berturut-turut yang diraih Indonesia.

Dilansir dari situs DiveMagazine, Indonesia menyajikan spot wisata yang bervariasi dengan beragam habitat dan spesies biota laut.

Polling dilanjutkan selama sebulan pada Oktober 2017 lalu. Ada tiga jenis kategori yang disodorkan ke voters untuk dipilih secara online. Yakni destinasi terbaik (best destination), dive center atau resor selam terbaik, serta liveaboards (kapal pesiar atau yacht untuk tinggal bagi wisatawan) terbaik.

Dari polling itu, Indonesia merajai 10 besar destinasi selam terbaik mengalahkan rival kelas berat seperti Filipina, Azires, Meksiko, Maldives, Mesir, Bahama, Thailand, Fiji dan Papua Nugini. Indonesia mengantongi 1.067 suara atau 11,45 persen dari total 9.399 suara

BACA JUGA: Dikelola Pemerintah Pusat, Wagub: Bunaken Harus Dilestarikan

Taman Nasional Bunaken, Sulawesi Utara

Taman laut nasional yang dikenal dengan kecantikan dasar lautnya ini memiliki luas area lebih dari 75.000 hektar, 97 persen diisi oleh lautan termasuk Taman Laut Bunaken. Taman Laut Bunaken sendiri dikenal berlokasi di segitiga terumbu karang dunia.

Taman Laut Bunaken ini dikelilingi oleh lima pulau besar yakni Pulau Manado Tua, Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Mantehage, dan Pulau Naen yang secara keseluruhan memiliki 29 titik selam (dive spot).

Pulau Bunaken adalah salah satu pulau yang memiliki biodiversitas kelautan atau keanekaragaman hayati terbanyak di dunia. Sekitar 58 jenis terumbu karang dan 2.000 spesies ikan siap menghiasi pemandangan Anda selama menyelam di bawah laut Bunaken.

Leave a Reply