Ilustrasi.
Ilustrasi.

Jika Dikatai ‘Bangsat’ di Depan Orang Banyak

Saya seorang pegawai honorer yang bekerja di lingkungan Pemprov Jatim sebagai tenaga pelayanan masyarakat. Masalah dimulai ketika ada 1 orang karyawati (PNS) yang kedudukannya sama dengan saya meminta pertolongan berupa tukar-menukar shift kerja/jaga. Awalnya, saya selalu siap dimintai tolong oleh siapapun, dan apapun itu masalahnya.

Suatu saat saya merasa, karyawati tersebut melecehkan saya, dalam artian internal person antara kami berdua. Sejak saat itu saya tidak pernah mengiyakan lagi apabila karyawati itu meminta pertolongan ke saya.

Puncak permasalahan terjadi ketika dia meminta suatu pertolongan. Pada saat itu saya kurang dengar permintaan dia, ditambah lagi saya tengah sangat sibuk dan kondisi kantor yang sangat ramai.

Akhirnya dengan sangat emosi yang meluap-luap dia mengata-ngatai saya “kurang ajar, hewan, masih kecil, masih honorer saja sudah sok, bangsat”.

Kejadian itu terjadi di depan beberapa saksi, termasuk atasan saya yang saat itu tengah berada di tempat. Terus terang saya merasa sangat terhina atas kejadian tersebut.

Saya tidak memberikan respon apa-apa, cukup saya berkata “hentikan bicara Anda, Anda sudah terlalu jauh, hati-hati dalam berkata”.

Menurut Bapak/Ibu, apakah kejadian ini bisa dikategorikan sebagai pidana?

Apakah hal ini bisa dibawa ke ranah hukum?

Apa yang harus saya lakukan?

Mohon penjelasan dan tanggapan dari Bapak/Ibu, karena saya terhitung buta terhadap hukum. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terima kasih. Wassalam.

Jawaban:

Perkataan seperti ‘hewan’ atau ‘bangsat’ yang diucapkan teman kerja Anda terhadap Anda di depan banyak orang dapat dikategorikan sebagai tindak pidana penghinaan. Penghinaan yang dilakukan oleh teman kerja Anda tersebut dapat dipidana berdasarkan Pasal 315 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (“KUHP”), yang berbunyi:

Leave a Reply