Ilustrasi.
Ilustrasi.

Menjemput Transformasi Mikrolet Berbasis Online

MANADO, publikreport.com – Steve Jobs dalam industri teknologi membuat dia punya semacam visi memandang masa depan. Dia menyadari sebuah keniscayaan, bahwa teknologi pada akhirnya akan menjadi candu bagi umat manusia.

“Hal keseluruhannya adalah bahwa teknologi baru tidak semestinya menggantikan teknologi yang lama, tapi akan memperbaharuinya. Dengan ketentuan ini, akhirnya, teknologi baru akan menggantikan teknologi yang lama,” cetus sang pendiri Apple Inc. itu suatu saat. Yang lama akan terbarukan.

Teknologi transportasi di Manado berlangsung alamiah. Dari bendi ke bemo, beralih ke ST-20 dan datanglah mikrolet. Angkutan dalam kota berwarna khas biru muda itu begitu lama menguasai jalan-jalan protokol di ibukota Provinsi Sulawesi Utara. Bahkan ketika pemerintah menghadirkan moda transportasi massal bernama Damri, masyarakat enggan mengalihkan tumpangannya. Mikrolet sangat praktis, kendati tarif angkutan terus naik seiring perubahan harga bahan bakar.

Mikrolet juga akhirnya terkena imbas teknologi. Setahun terakhir pengemudi angkot terus melawan moda transportasi baru berbasis online yang dihadirkan 3 layanan aplikator. Mobil dan motor pelat hitam yang menjalankan fungsi sebagai kendaraan penumpang itu jumlahnya terus bertambah, diprediksi sudah mencapai ribuan. Perlawanan terhadap kendaraan angkutan jenis baru jelas sia-sia bila angkot yang terbiasa jadi primadona tidak mau berevolusi.

Leave a Reply