Ilustrasi. Crash test Toyota Fortuner 2017.
Ilustrasi. Crash test Toyota Fortuner 2017.

Begini Fitur Keselamatan Fortuner

Mobil umumnya memiliki fitur-fitur keselamatan yang didesain untuk melindungi pengemudi, penumpang, dan pejalan kaki ketika terjadi kecelakaan. Satu di antara fitur keselamatan itu yang diterapkan Toyota adalah mendesain body yang mampu menyerap energi dari benturan sehingga meminimalisasi terjadinya risiko cedera pada pengemudi dan penumpang di dalam kabin. Fitur itu disebut crumple zone (di Honda fitur keselamatan ini disebut G-Con). Teknologi ini juga diterapkan pada Toyota Fotruner.

Kasus kecelakaan Ketua DPR Setya Novanto Kamis sore, 16 November 2017, secara teori diselamatkan teknologi crumple zone. Teknologi ini dirancang untuk meminimalisasi risiko cedera terhadap pengemudi maupun penumpang saat mobil tersebut membentur tiang listrik.

Crumple zone merupakan zona di kendaraan yang didesain untuk menyerap energi kinetik saat terjadi kecelakaan. Gambaran mudahnya, struktur bodi di bagian depan dan belakang dibuat mudah ringsek saat terjadi benturan. Artinya, tidak sekuat dan kaku seperti di kabin. Energi kinetik yang dihasilkan dari benturan itu diserap, sehingga kabin tetap terjaga dengan baik.

Sebelum diterapkan crumple zone, mobil zaman dahulu masih menggunakan struktur bodi yang kaku. Dari depan hingga belakang dibuat sekuat mungkin. Ketika terjadi kecelakaan, energi kinetik yang dihasilkan dari benturan itu tidak dapat diserap. Akibatnya, risiko terjadinya cedera pada pengemudi dan penumpang di dalam kabin menjadi lebih besar.

Leave a Reply