Presiden RI, Jokowi bersama para bangsawan Kerajaan Siau.
Presiden RI, Jokowi bersama para bangsawan Kerajaan Siau.

Jokowi Diundang ke Siau

MANADO, publikreport.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) diundang ke Siau Kabupaten Sitaro Provinsi Sulawesi Utara untuk menghadiri Upacara Tulude pada Febuari 2018 mendatang. Undangan disampaikan langsung Perwakilan Kerajaan Siau, Tokoh Adat Siau, Micojan Bawuna dan Pangeran Kerajaan Siau dari keturunan Mathias Salele Kansil, Jhon Suoth.

“Undangan kami disambut baik pak Presiden Jokowi. Beliau bahkan memberi petunjuk segera membuat proposal dan undangan untuk diserahkan ke Kepala Sekretariat Negara (Setneg), agar bias diagendakan dalam lawatan tahun depan,” kata Micojan Bawuna.

Undangan kepada Presiden RI ini, menurut Micojan dan Jhon Suoth disampaikan pada Kamis 16 November 2017, saat silahturahmi Presiden RI dengan Kepala Suku/Lembaga Adat se-Indonesia di Bogor. Dalam kesempatan itu, keduanya menyerahkan Buku Jejak Leluhur, Warisan Budaya di Pulau Siau, Karya Max Sudirno Kaghoo.

Dihadapan para tokoh adat nasional, Micojan mengatakan masyarakat adat di Pulau Siau siap membumikan Nawacita di kawasan Kabupaten Kepulauan Siau, Tagulandang dan Biaro (Sitaro). Tak lupa Micojan memberikan apresiasi atas undangan Presiden Jokowi kepada mereka guna memberikan beberapa agenda penting pembangunan bangsa dan negara.

“Undangan ini, merupakan pertemuan kedua, setelah 17 Agustus lalu digelar Parade Bendera Nusantara di Istana Negara,” ungkapnya.

Di sela-sela makan siang Jhon Suoth, Micojan Bawuna, Sultan Sepuh Cirebon, Arif Natadiningrat bersama Presiden Jokowi, membicarakan banyak hal terkait renovasi rumah adat, pembangunan kembali istana kerajaan hingga pengusulan Raja Jacob Ponto alias  “I Tuan Su Sirebong” menjadi Pahlawan Nasional.

Sebelumnya, Presiden Jokowi dalam sambutannya mengatakan, pemerintah siap memfasilitasi setiap hal yang berkaitan dengan pelestarian dan pemberdayaan adat istiadat. Salah satunya melakukan renovasi rumah-rumah adat bagi yang memerlukan.

“Pemerintah saat ini memiliki anggaran untuk itu,” katanya. | ZONAUTARA.com

Leave a Reply