Jalan diblokade utama di Arso Kota, Distrik Arso, Kabupaten Keerom, Papua, Sabtu 18 November 2017. (Foto: Ist).
Jalan diblokade utama di Arso Kota, Distrik Arso, Kabupaten Keerom, Papua, Sabtu 18 November 2017. (Foto: Ist).

TNI dan Polri Berupaya Buka Blokade Jalan Arso

JAYAPURA, publikreport.com – Aparat TNI dari Satgas Pamtas Yonif 410/Alugoro dan Polres Keerom Tengah berupaya membuka blokade jalan utama di Arso Kota, Distrik Arso, Kabupaten Keerom, Papua, yang di lakukan warga.

Kapolres Keerom AKBP Windi Muji Hartono ketika dihubungi dari Kota Jayapura, Papua, Sabtu 18 November 2017, mengaku sedang berada di Tempat Kejadian Perkara (TKP).

“Yah, sebentar. Saya masih di TKP, trims,” katanya melalui pesan singkat.

BACA JUGA: KKB Tembak Pos dan Mobil di Tembagapura

Berdasarkan data yang dihimpun Antara dari berbagai sumber, aksi blokade jalan berawal dari perkelahian antar pemuda usai mengikuti acara syukuran di salah satu rumah warga di Arso Kota pada Jumat 17 November 2017 malam.

Acara syukuran tersebut digelar hingga Sabtu dini hari dan sempat dihentikan oleh pihak penyelenggara sebanyak dua kali karena ditemukan sejumlah pemuda yang berselisih paham dan cenderung adu jotos. Bahkan ditemukan ada yang memanfaatkan situasi dengan konsumsi minuman keras.

Sabtu dini hari sekitar pukul 02.30 WIT, acara syukuran dihentikan oleh pihak penyelenggara karena ada sejumlah oknum warga yang hadir cenderung ribut dan tidak terkendali.

BACA JUGA: Baku Tembak Warnai Aksi Pembebasan Warga Banti-Kimbeli

Sejam kemudian, setelah acara dibubarkan dikabarkan terjadi perkelahian antar warga setempat, hingga menyebabkan satu warga tewas karena dianiaya dan dua lainnya luka-luka.

Akibat dari peristiwa ini terjadi aksi sweeping kepada kelompok warga tertentu dan terjadi pembakaran rumah dan blokade jalan, hingga membuat aktivitas warga yang melintas di jalan utama Arso terhenti.

Dansatgas Pamtas Yonif 410/Alugoro Letkol Inf M Heri Amrulloh yang dihubungi terpisah, membenarkan adanya blokade jalan.

“Jajaran saya bersama Pak Kapolres Keerom, sedang berada di lapangan untuk menyelesaikan masalah,” katanya. | ANTARANEWS.com

Leave a Reply