You are currently viewing WNA Tiongkok Diamankan Imigrasi Bitung

WNA Tiongkok Diamankan Imigrasi Bitung

HUKUM

MANADO, publikreport.com – Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian (Wasdakim) Kantor Imigrasi Bitung mengamankan seorang laki-laki warga negara Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Mang Jian Jun, Jumat 17 November 2017 sekitar pukul 21.30 WITA di salah satu penginapan di Kota Bitung.

Mang ditangkap karena dinilai tidak menunjukkan itikad baik. Beberapa hari sebelumnya, dia diperiksa karena kegiatannya di perusahaan di sekitar Pelabuhan Laut Bitung yang diduga tidak sesuai dengan izin keimigrasian yang dimilikinya.

Kepala Seksi Wasdakim Reza Pahlevi menjelaskan, kronoligis kejadiannya diawali dari kecurigaan petugas imigrasi yang mendapati WNA bekerja di PT DP yang bergerak dibidang perikanan laut.

“Kami selanjutnya menerbitkan surat panggilan untuk dilakukan pemeriksaan dan sebagai antisipasi pada Senin 13 November 2017. Pada hari itu juga, paspor yang bersangkutan ditahan,” kata Reza.

Keesokan harinya, lanjut dia, Mang diperiksa. Namun setelah pemeriksaan, dia tidak mau menandatangani berita acara pemeriksaan (BAP) dengan alasan takut akan dipidanakan berdasarkan Undang-Undang Keimigrasian.

“Dengan berbagai pertimbangan dan berjanji akan kooperatif, Mang tidak ditahan. Namun ketika didatangi lagi pada Jumat 17 November 2017 ke lokasi dia bekerja, petugas kami tidak diberikan akses oleh security,” katanya.

Leave a Reply