Foto yang dipercaya Billy the Kid (kedua dari kiri) dan Pat Garrett (kanan). (Foto: AP)
Foto yang dipercaya Billy the Kid (kedua dari kiri) dan Pat Garrett (kanan). (Foto: AP)

Ini Foto Billy The Kid Bersama Pembunuhnya di Amerika Serikat?

SEBUAH foto yang diyakini sebagai satu-satunya citra Billy The Kid bersama dengan pembunuhnya Sheriff Pat Garrett telah ditemukan di Amerika Serikat dan diyakini bisa bernilai puluhan miliar rupiah.

Kedua tokoh ini sering berjudi dan minum bersama di Lincoln County, New Mexico. Namun, saat Garrett menjadi sheriff, persahabatan keduanya pun berakhir. Ini menjadi salah satu perseteruan paling terkenal dari Old West Amerika.

Foto itu digantung bertahun-tahun di ruang tamu sebuah rumah di North Carolina, yang disewakan di Airbnb. Pemilik rumah itu membeli foto itu seharga US$ 10 atau setara Rp 130 ribu di pasar loak pada tahun 2011.

Setelah menonton sebuah film dokumenter pada tahun 2015 tentang penemuan foto Kid yang lain, pemilik rumah itu, Frank Abrams, seorang pengacara yang memiliki ketertarikan penuh terhadap sejarah, melihat lagi foto yang awalnya dia duga adalah sekelompok koboi dari Amerika Selatan.

Dia dengan hati-hati mempelajari gambar tintype, yang merupakan foto yang diproduksi di atas lembaran logam tipis, membandingkannya dengan gambar Kid dan Garrett lainnya.

Abrams akhirnya menjadi yakin bahwa karakter di ujung paling kanan yang mengenakan topi hitam adalah Garrett dan pria dengan apel Adam yang menonjol, yang kedua dari kiri, bisa jadi Kid.

Dia berkonsultasi dengan Robert Stahl, seorang pakar mengenai Kidd, dan William Dunniway, seorang spesialis tintip, yang mengatakan foto itu mungkin diambil antara 1875 dan 1880.

“Semuanya sesuai: piring, pakaian, senjata api,” kata William Dunniway, seorang ahli tintype, seperti yang dilansir Telegraph pada Rabu 22 November 2017 waktu setempat.

Leave a Reply