Ilustrasi.
Ilustrasi.

5 Resep Minuman Smoothie Buah Sehat Segar

SMOOTHIE adalah minuman yang terbuat dari bahan utama berupa buah atau sayuran yang dihancurkan hingga halus (smooth) dan bisa ditambahkan es batu atau berbagai variasi perasa seperti sirup coklat, madu, sirup buah atau es krim. Smoothie disukai banyak orang karena selain rasanya yang enak dan bisa dengan mudah divariasikan, smoothie juga dapat dijadikan makanan diet dan sebagai detoxifikasi pada diet detox yaitu mengganti makanan yang biasa dikonsumsi menjadi smoothie.

Jika dikonsumsi dengan cara dan jadwal yang benar sesuai panduan diet detox maka smoothie dapat mengeluarkan racun pada tubuh. Untuk cara diet detox, makanan diet detox dapat dilihat di artikel cara diet detox

Perbedaan Smoothie dan Jus Buah

Sekilas smoothies seperti jus buah yang kita kenal kebanyakan bukan? Perbedaan jus dan smoothie adalah jus merupakan minuman berupa sari buah yang biasanya diproses dengan cara memeras sayuran atau buah dengan ekstraktor atau manual sehingga didapatkan minuman dengan rendah serat dan nutrisi dalam buah atau sayur dengan mudah sekali diserap oleh tubuh. Sementara smoothies adalah buah atau sayuran yang dicampur dengan beberapa perasa atau variasi lain yang dihancurkan hingga halus dengan menggunakan blender hingga menyerupai bubur sehingga menjadikan smoothie kaya akan serat.

Smoothie baik untuk pembersihan usus dan pencernaan juga diet karena smoothie membuat perut kenyang dan lama diserap oleh tubuh. Jadi, jus buah yang sering kita temui dengan cara diblender dan terdiri dari campuran buah-buahan merupakan smoothie.

Ini resep smoothies unik dengan 5 warna yang alami terdapat pada buah-buahan.

Cara membuat Jus Smoothie Buah Unik

  1. Smoothie Kuning dari buah-buahan tropis

Masukan 100 mL air perasan jeruk atau air perasan nanas ke dalam blender

Tambahkan 100 mL susu plain atau yoghurt plain

Tambahkan 1 buah pisang yang telah dipotong-potong, 50 gram nanas kupas yang telah dipotong-potong dan 50 gram mangga kupas yang telah dipotong-potong

Jika suka, tambahkan sedikit parutan jahe

Leave a Reply