Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara, Hanny Wajong. (Foto: Antara Manado).
Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara, Hanny Wajong. (Foto: Antara Manado).

Pasar Murah Diharap Tekan Inflasi

EKONOMI & BISNIS

MANADO, publikreport.com – Kegiatan pasar murah Natal diharapkan mampu menekan angka inflasi Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

“Dalam pasar murah Natal kali ini, ada sejumlah kebutuhan pokok yang dijual dengan harga lebih murah,” kata Kepala Bidang Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut Hanny Wajong di Manado, Selasa 28 November 2017.

Dia mengatakan jika harga kebutuhan pokok di pasar murah murah, pasti akan mempengaruhi harga di tingkat pedagang.

“Jika harga turun, maka inflasi Kota Manado bisa ditekan,” jelasnya.

Pemerintah Sulut akan menggelar pasar murah Natal 2017 di 50 titik yang tersebar di 15 kabupaten dan kota di daerah tersebut.

Dia mengatakan setiap pasar murah, pihaknya membawa gula pasir, tepung terigu, telur ayam, beras, minyak goreng, dan mentega juga yang lainnya.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulut Moh Edy Mahmud mengatakan Kota Manado, sebagai ibu kota Provinsi Sulut mengalami deflasi 0,06 persen di bulan Oktober 2017.

“Manado mengalami deflasi karena terjadi penurunan indeks harga konsumen (IHK) dari 128,26 pada September 2017 menjadi 128,18 Oktober 2017,” kata Mahmud.

Leave a Reply