Bandara International Ngurah Rai Bali.
Bandara International Ngurah Rai Bali.

Penumpang International Dapat Perpanjangan Izin Tinggal

JAKARTA, publikreport.com – Pemerintah Indonesia memutuskan untuk memberikan perpanjangan izin tinggal bagi penumpang pesawat rute internasional yang tertahan penerbangannya akibat letusan Gunung Agung di Bali pada beberapa hari terakhir.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Sugihardjo usai konferensi pers di Jakarta, Selasa 28 November 2017 mengatakan perpanjangan izin tinggal itu maksimal satu bulan.

“Satu lagi yang dibahas di Kemenko setelah konferensi dengan Wakil Gubernur dan Gubernur, kalau ada turis yang terpaksa memperpanjang tinggal karena habis dan harus `overstay`, akan diterbitkan kemudahaan izin tinggal,” katanya.

BACA JUGA: Gunung Agung Erupsi, Penerbangan Manado-Denpasar Dibatalkan

Sekretaris Perusahaan PT Angkasa Pura I Israwadi mengatakan setelah berkoordinasi dengan kantor imigrasi setempat, penumpang internasional yang sudah melewati proses imigrasi keluar, akan diberikat “exit pass” yang berlaku selama satu minggu.

“Untuk selanjutnya, pengurusan perpanjangan selama satu bulan dilakukan di Kantor Imigrasi,” katanya.

Sementara itu, lanjut dia, bagi penumpang internasional yang belum melewati proses imigrasi, dapat mengurus perpanjangan selama satu bulan di Kantor Imigrasi.

BACA JUGA: Prosedur Penerbitan KK dan KTP Bagi WNA yang Menikah dengan WNI

Saat ini, Garuda Indonesia mulai menerbangan dua penerbangan, yaitu GA 440 dan GA 441 dari Lombok.

Pelaksana Harian (Plh) Vice President Corporate Communications Garuda Indonesia Hengki Heriandono mengatakan ada 20 penerbangan dari Lombok yang belum dapat beroperasi.

“Namun demikian, kami kan terus memonitor lebih lanjut kesiapan jalur udara penerbangan sekitar Lombok tersebut, sekiranya sewaktu-waktu terdapat sekarang abu vulkanik yang perlu diantisipasi,” katanya.

Sementara itu, Citilink Indonesia juga telah membuka penerbangan Surabaya-Lombok dan AirAsia membatalkan penerbangan dari dan ke Lombok, rute internasional yang dibatalkan adalah QZ511 Kolkata-Kuala Lumpur dan QZ510 Kuala Lumpur – Kolkata. | ANTARANEWS.com

Leave a Reply