Ilustrasi.
Ilustrasi.

Begini Cara Mengatur Pengeluaran Harian Biar Bisa DP Rumah

Salah satu penyebab kita belum juga berhasil menabung DP untuk kredit rumah adalah banyaknya pengeluaran harian, atau lebih tepatnya mungkin bisa jadi karena kita yang memang salah mengatur jumlah pengeluarannya.

Bagi kita pengeluaran harian tentu saja merupakan kewajiban yang tidak mungkin dikurangi atau dibatasi. Padahal, jika kita bisa mengatur pengeluaran seperti ini, kemungkinan kita malah makin cepat mengumpulkan uang untuk DP rumah.

Dan hal berikut ini mungkin bisa Anda coba agar rumah impian bisa segera jadi kenyataan.

  1. Gunakan transportasi publik

Menggunakan transportasi umum jauh lebih hemat dibandingkan membawa kendaraan sendiri-kecuali jika Anda menggunakan motor, tapi jika jarak rumah dan kantor sangat jauh, tidak mungkin pakai motor, kan?!

Jadi untuk sementara, berkorbanlah dengan lebih memilih transportasi umum. Konsekuensinya Anda harus berangkat lebih pagi agar tidak rebutan dengan penumpang lainnya. Sebagai gantinya, uang bensin dapat dikumpulkan untuk tambahkan tabungan.

BACA JUGA: Yuk, Kontrol Pengeluaran Agar Tak Lagi Tinggal di Rumah Sewa

  1. Sharing transportasi

Bila lebih suka menggunakan taksi online, pilih yang bisa untuk sharing, sehingga Anda tidak perlu membayar mahal untuk sampai ke lokasi tujuan. Rajin-rajin juga meihat notifikasi di akun Anda, karena biasanya tak sedikit taksi online yang memberikan promo.

Nah, sisa uang yang tadinya Anda alokasikan untuk transport, dapat Anda kumpulkan dan simpan dalam deposito atau reksa dana.

  1. Bawa bekal

Seberapa besar pengeluaran Anda untuk makan siang? Biasanya, sih, lebih dari Rp 20.000 untuk satu kali makan, kan?! Bila Anda membawa bekal dari rumah, uang jajan Anda bisa dikumpulkan untuk tambahan tabungan Anda, tuh!

BACA JUGA: Enak Beli Rumah Tunai atau Nyicil?

Leave a Reply