Ilustrasi.
Ilustrasi.

Enak Beli Rumah Tunai atau Nyicil?

MEMBELI rumah memang bukan perkara mudah. Selain dituntut memilih lokasi yang tepat untuk bertempat tinggal, sebagian orang juga harus memahami metode pembelian yang sesuai dengan kondisi finansial.

Tak cukup sampai di situ, ada beberapa hal lain yang perlu dipertimbangkan sebelum mengambil keputusan. Misalnya, jika membeli rumah secara kredit maka calon pembeli harus berhati-hati dengan resiko kredit macet.

Di sisi lain, pembelian rumah secara tunai memaksa pembeli untuk mengeluarkan uang dalam jumlah besar atau bahkan menguras isi tabungan miliknya.

Jadi sebelum membeli, yuk ketahui lebih jauh mengenai keuntungan dan kerugian metode pembelian rumah secara tunai dan kredit berikut ini.

Keuntungan KPR

Sebagian orang mungkin merasa mustahil memiliki properti tanpa bantuan pembiayaan KPR. Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika membeli properti secara kredit, antara lain:

Membeli rumah dengan angsuran terjangkau:

  • Pinjaman kredit perumahan memberi kemudahan untuk mengangsur harga rumah dalam jangka waktu yang panjang, hingga 25 tahun lamanya. Anda bisa mengatur jumlah angsuran secara cermat dan tentunya terjangkau.

Suku bunga rendah:

  • Umumnya perbankan menawarkan suku bunga yang lebih rendah daripada lembaga pembiayaan lainnya. Anda bahkan bisa melakukan refinancing ketika menemukan bank yang menawarkan promo suku bunga lebih rendah.

Uang tabungan selalu tersedia:

  • Karena tidak membeli tunai, maka tabungan dan aset pribadi lain tetap utuh. Dengan pengelolaan uang yang disiplin, Anda bisa terus menambah pundi-pundi tabungan.

Dilengkapi asuransi:

  • Pembelian rumah lewat KPR juga biasanya dilengkapi dengan asuransi jiwa dan asuransi kebakaran yang membebaskan Anda dari resiko tak terduga ketika mengangsur properti.

Leave a Reply