Beruang kutub. (Foto: trbimg.com)
Beruang kutub. (Foto: trbimg.com)

Jangan Bingung! Ini 7 Perbedaan Mendasar Kutub Utara dan Kutub Selatan

Kutub Utara dan Kutub Selatan seolah terlihat serupa, sama-sama daratan di ujung Planet Bumi yang didominasi es, luas, dan monoton. Akan tetapi, Kutub Utara dan Kutub Selatan memiliki perbedaan mendasar.

Berikut ini adalah tujuh perbedaan mendasar antara Kutub Utara dan kutub Selatan sebagaimana dilansir dari Polar Discovery.

  • Kawasan yang ditutup es di kutub utara (arktik) seluas 5.4 juta mil persegi sebenarnya merupakan lautan beku yang dikelilingi daratan yang sering disebut lingkaran Arktik (Arctic Circle). Sedangkan, Kutub Selatan (Antartika) adalah daratan seluas 6 juta mil persegi yang bergunung dan danau yang ditutup es, serta dikelilingi lautan.
  • Ketebalan es di Kutub Utara bervariasi antara beberapa inci hingga 2 meter. Cukup ‘tipis’ yang seringkali memunculkan retakan-retakan es, terutama saat musim panas. Sebaliknya, 99% Kutub Selatan ditutupi lapisan es dan glasier hingga setinggi 4.700 meter. Inilah benua yang menyimpan 85% es abadi di bumi. Jika dicairkan, seluruh es Antartika cukup untuk memenuhi tiga perempat kebutuhan air minum di muka dunia.
  • Kutub Utara adalah satu-satunya tempat beruang kutub ditemukan secara alami. Sedangkan, di Kutub Selatan, adalah satu-satunya tempat penguin ditemukan secara alami. Kedua satwa ini hidup dan berkuasa di wilayahnya masing-masing. Keduanya sama-sama makan ikan dan menempati puncak rantai makanan.

BACA JUGA: Diteliti, 13 Fosil Pohon yang Pernah Hijaukan Antartika

Leave a Reply