Ilustrasi. (Foto: Livestrong.com)
Ilustrasi. (Foto: Livestrong.com)

8 Cara Menghilangkan dan Mengatasi Bau Mulut Secara Alami

Bau mulut merupakan suatu penyakit atau gejala/akibat dari suatu penyakit. Sebagian orang tidak menyadari bahwa ia mempunyai bau mulut namun sebagian lainnya malah merasa mempunyai bau mulut padahal tidak sama sekali. Yang pasti bau mulut dapat membuat penderita nya tidak percaya diri karena sungkan untuk berbicara atau membuka mulut sehingga sebisa mungkin dihindari oleh banyak orang.

Penyebab bau mulut

Bau mulut dapat menyerang anak-anak maupun orang dewasa dengan berbagai penyebab fakta kebersihan hingga gejala atau akibat dari suatu penyakit yang menyebabkan bau mulut. Apa saja penyebab yang mungkin dapat menimbulakan bau mulut? Berikut adalah daftarnya

Penyebab Bau Mulut

  1. Bau Mulut Karena Kurang Menjaga Kebersihan Mulut.

Kebiasaan jarang menggosok gigi setiap hari akan menyebabkan bau mulut. Hal ini terjadi karena sisa-sia makanan yang dikonsumsi menempel atau terselip pada gigi yang nantinya mengundang bakteri penyebab bau mulut. Selain itu, bakteri tersebut bisa menyebabkan infeksi yang menyerang gigi dan mulut sehingga terasa sakit dan memperparah bau mulut.

  1. Bau Mulut Karena Makanan atau Minuman.

Beberapa macam makanan dengan aroma kuat dapat menyebabkan bau mulut yang tidak sedap contoh nya bawang merah, bawang putih, petai, jengkol, durian atau terasi. Hal ini terjadi karena makanan tersebut tertinggal di sela gigi atau makanan tersebut dicerna oleh tubuh, di sebarkan melalui darah dan masuk ke dalam paru-paru sehingga menyebabkan nafas aromanya menjadi tidak sedap dan bau mulut.

  1. Bau Mulut Karena Rokok atau Tembakau.

Tembakau (bisa dalam bentuk lintingan untuk dikulum dan dikunyah) atau kebiasaan merokok dapat menyebabkan bau mulut karena dapat merusak gigi, menghalangi aliran darah ke gusi sehingga mulut mudah terkena infeksi. Dari infeksi ini lah penyebab bau mulut yang menetap pada pengkonsumsi tembakau.

  1. Bau Mulut Karena Mulut Kering.

Pernah kan anda merasa mulut anda bau ketika bangun tidur? Fakta nya, mulut anda kering selama semalaman terutama jika anda tidur dengan mulut terbuka sehingga pagi nya ketika anda bangun maka mulut anda menjadi bau. Hal ini juga bisa berlaku saat menjalakan puasa atau ketika anda kurang minum/cairan. Keadaan mulut yang lembab akan mengurangi bau mulut anda sehingga perbanyaklah konsumsi air putih setiap hari atau konsumsi permen karet mengandung xylitol yang dapat memperbanyak produksi air liur sehingga mulut tetap lembab.

  1. Bau Mulut Karena Obat-Obatan.

Konsumsi obat-obatan tertentu secara tidak langsung dapat menyebabkan bau mulut karena efek samping dari obat yang menyebabkan mulut menjadi kering dan mencetuskan bau mulut. Jenis – jenis obat-obatan yang dapat menyebabkan mulut kering contoh nya adalah obat diuretik, antihistamin, atau antidepresan.

Leave a Reply