Ilustrasi. (Foto: gettyimage)
Ilustrasi. (Foto: gettyimage)

Cara Cepat Punya Rumah untuk Kaum Milenial

Mengatur keuangan bulanan memang menjadi tantangan sendiri, terutama untuk para milenial. Pasalnya, banyak sekali godaan atas nama lifestyle yang sangat memakan biaya.

Manfaat menabung tak hanya bisa dinikmati saat ini, tapi juga bermanfaat di kemudian hari. Untuk para milenial, faktanya mengelola gaji bulanan tak sesulit yang Anda bayangkan. Coba, deh, ikuti beberapa tips dasar ini untuk membantu Anda sukses menabung.

Catat Pemasukan dan Pengeluaran Bulanan

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencatat pemasukan dan pengeluaran bulanan. Hal ini harus dilakukan secara mendetail untuk mengetahui dengan tepat jumlah dana yang dapat Anda sisihkan untuk menabung.

Pengeluaran yang wajib dicatat termasuk untuk pembelian pulsa, makan, belanja, dan sebagainya.

Menabung Lebih Dulu

Sebelum menggunakan uang untuk segala pengeluaran bulanan, biasakan untuk menyisihkan dana tabungan terlebih dahulu.

Anda mungkin membutuhkan rekening tambahan terpisah sehingga uang tabungan tidak terganggu aliran keluar-masuk dana. Setelah menabung, barulah Anda dapat menjalankan pembayaran rutin bulanan lain-lain.

Waspadai Pemakaian kartu Kredit

Kartu kredit dengan beragam promo yang menggiurkan sering menjadi incaran para milenial. Boleh saja Anda memiliki kartu kredit, namun yang perlu diwaspadai adalah pemakaiannya.

Misalnya, Anda membuat kartu kredit A karena promo travel yang ditawarkan. Maka pergunakan kartu kredit tersebut hanya untuk kebutuhan travel, seperti pembelian tiket.

Selain itu, pastikan selalu membayar tagihan kartu kredit secara full payment. Pembayaran tagihan dengan minimum payment akan memunculkan beban bunga besar pada pembayaran berikutnya.

Leave a Reply