Ilustrasi.
Ilustrasi.

Langkah yang Dapat Dilakukan Jika Penjual Menolak Pembayaran

A dan B mengikatkan dirinya dalam PPJB untuk satu unit apartemen. A telah menyerahkan apartemen tersebut dan B sudah membayar uang sebesar 75% dari harga yang disepakati. Bahwa A dan B sepakat untuk mengikatkan diri dalam AJB setelah jangka waktu 5 tahun sejak PPJB.
Dalam perjalanannya, A menambahkan klausul secara sepihak mengenai kekurangan pembayaran sebesar 25% mengikuti harga pasar dan bukan berdasarkan harga awal yang disepakati. Dalam AJB, A sebagai penjual meminta B sebagai pembeli membayar berdasarkan addendum yang dibuat sepihak tersebut. Lalu pembeli menolak membayar karena merasa dirugikan oleh perbuatan A.
Perbuatan A dapat digolongkan ke dalam wanprestasi atau Perbuatan Melawan Hukum?

Jawaban:

Intisari:

Kami berasumsi bahwa dalam perjanjian tersebut tidak pernah dilakukan perubahan atau penambahan (addendum), karena tidak pernah disetujui oleh B (pembeli) sebagai salah satu pihak yang terikat di dalamnya.

Berdasarkan ketentuan Pasal 1338 jo. 1320 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUH Perdata), Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB) apartemen antara A sebagai penjual dan B sebagai pembeli sudah mengikat dan berlaku sebagai undang-undang bagi para pihak yang terikat di dalamnya, sehingga tidak dapat diubah atau ditambahkan secara sepihak oleh penjual apartemen tersebut.

Oleh karena itu, sesuai dengan Pasal 1404 KUH Perdata, jika A sebagai penjual apartemen tersebut menolak pembayaran dari B sesuai harga yang disepakati dalam PPJB, maka B dapat melakukan penawaran pembayaran dan apabila A masih juga menolak menerima pembayaran dengan berbagai alasan, maka B dapat melakukan penitipan sisa uang pembayaran tersebut ke pengadilan dan selanjutnya B dapat mengajukan gugatan dengan dasar wanprestasi dengan tuntutan agar Pengadilan menghukum (Condemnatoir) A untuk melakukan Penandatanganan Akta Jual-Beli (AJB) di hadapan Pejabat Pembuat Akta Tanah, dengan konsekuensi uang paksa (Dwangsom) apabila tidak dipenuhi.

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak dalam ulasan di bawah ini.

Ulasan:

Leave a Reply