Pelabuhan Wasior, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, yang diresmikan Presiden Joko Widodo, Selasa, 05 April 2016. (Foto: Facebook)
Pelabuhan Wasior, Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, yang diresmikan Presiden Joko Widodo, Selasa, 05 April 2016. (Foto: Facebook)

Selain Raja Ampat, Teluk Wondama Layak Disambangi Pelancong

Papua Barat tak hanya memiliki Raja Ampat yang sudah sohor ke pelosok dunia. Kawasan ini juga memiliki Teluk Wondama yang tak kalah cantik. Hanya, tujuan wisata yang terletak di Kabupaten Teluk Wondama ini belum dikelola secara optimal.

Bupati Teluk Wondama Bernadus A. Imburi mengakui hal itu. “Keindahan alam, baik di darat, pesisir, laut, maupun bawah laut, yang ada di Teluk Wondama belum dikelola secara optimal sebagai obyek wisata,” katanya, di Wasior, Senin, 04 Desember 2017.

Bernardus saat itu mendampingi Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan, yang membuka Festival Budaya Wondama. Perhelatan ini dimaksudkan untuk mengenalkan kekayaan alam dan budaya suku Wandamen. Festival berlangsung pada 04-06 Desember 2017.

Kepala Balai Besar Taman Nasional Teluk Cenderawasih (BBTNTC) Benny G. Saroy menuturkan Teluk Wondama termasuk kawasan taman nasional. Dia menyebut daerah ini memiliki potensi pariwisata luar biasa.

Selain potensi bahari, Teluk Wondama memiliki potensi lain, seperti situs religi dan budaya, yang cukup menarik.

“Di sini pun ada tempat pemantauan burung cenderawasih, dan di beberapa lokasi sudah terbentuk desa wisata, di antaranya Kampung Aisandami,” kata Benny.

Ia berharap pemerintah kabupaten dan provinsi lebih serius mengembangkan potensi wisata tersebut. Saat ini BBTNTC bersama dengan World Wildlife Fund (WWF) sedang mengembangkan konsep pariwisata berbasis masyarakat. | ANTARA.com I TEMPO.co

Leave a Reply