Butini, ikan endemik Danau Matano, yang kini sulit ditemukan. Ikan-ikan asing seperti louhan malah menguasai danau. (Foto: Eko Rusdianto/Mongabay Indonesia)
Butini, ikan endemik Danau Matano, yang kini sulit ditemukan. Ikan-ikan asing seperti louhan malah menguasai danau. (Foto: Eko Rusdianto/Mongabay Indonesia)

Ikan Air Tawar Mendesak untuk Dilindungi Populasinya, Kenapa?

Dalam tiga tahun terakhir, Pemerintah Indonesia terus aktif untuk menghentikan aktivitas perikanan ilegal yang dilakukan para pencari ikan dari seluruh dunia. Aktivitas tersebut dinilai merugikan Indonesia, karena menurunkan populasi ikan di perairan laut. Namun, pengawasan seperti itu belum terjadi untuk ikan yang ada di perairan tawar.

Peneliti Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Haryono, menjelaskan, ikan yang tumbuh di air tawar, bisa ditemukan di habitat air yang mengalir (Lotik) seperti sungai dan air yang menggenang (Lentik) seperti danau, waduk, dan rawa.

“Perairan umum daratan air tawar ini terutama ada di pulau Kalimantan dan Sumatera,” ucap dia di Jakarta, pekan lalu.

Secara keseluruhan, Haryono mengatakan, perairan umum daratan di Indonesia saat ini luasnya mencapai 55 juta hektare. Dengan rincian, luas perairan sungai 11,95 juta ha, perairan danau/waduk 2,1 juta ha, dan perairan rawa 39,4 juta ha.

Dengan luasan seperti itu, Haryono menyebut, ikan bisa berkembang dengan baik. Namun, terdapat sejumlah ikan endemik yang populasinya mulai terancam. Ikan jenis tersebut, biasanya tersebar pada wilayah geografis atau habitat yang terbatas.

“Selain ikan endemik, ada juga ikan asli atau lokal, ikan langka, ikan terancam punah, ikan introduksi, dan ikan invasif,” papar dia.

Mengingat ikan air tawar tumbuh dan berkembang biak di perairan daratan, Haryono mengatakan, jumlahnya dari waktu ke waktu terus mengalami penurunan. Salah satunya, adalah ikan endemik yang kini jumlahnya terus menurun.

Di Indonesia, kata Haryono, total ada 4.782 spesies ikan asli Indonesia yang tersebar di berbagai wilayah perairan. Dari jumlah tersebut, ikan air tawar memiliki 1.248 spesies, ikan laut dengan 3.534 spesies, ikan endemik 130 spesies, introduksi 120 spesies, terancam punah 150 spesies, dan invasif sebanyak 13 spesies.

Konservasi

Leave a Reply