Kawasan Penambang Tanpa Ijin (PETI Blok Bakan Desa Bakan Kecamatan Lolayan Kabupaten Bolaang Mongondouw. (Foto: totabuan.co)
Kawasan Penambang Tanpa Ijin (PETI Blok Bakan Desa Bakan Kecamatan Lolayan Kabupaten Bolaang Mongondouw. (Foto: totabuan.co)

Lima Penambang di Blok Bakan Tertimbun, Tiga Orang Kritis

LOLAK, publikreport.com – Lima orang penambang emas tanpa ijin di Blok Bakan, Desa Bakan Kecamatan Lolayan Kabupaten Bolaang Mongondouw (Bolmong) dilaporkan tertimbun. Dari lima penambang yang tertimbun material, tiga orang diantaranya dikabarkan dalam kondisi kritis.

“Kejadian terjadi pada Rabu 06 Desember 2017 sekitar pukul 17.00 WITA,” kata sejumlah saksi.

Kejadian tersebut terjadi di lokasi bernama Tapagale berdekatan dengan lokasi perusahan tambang milik PT JResources. Saat pekerja tambang sedang mengambil material, tiba-tiba material tanah bercampur bebatuan ambruk saat tiga pekerja tengah berada di dalam lobang majuan. Sedangkan dua pekerja baru akan bergegas masuk.

Beruntung, sejumlah pekerja yang berada di lokasi langsunng melakukan evakuasi.

“Penambang yang tertimbun itu semuanya berasal dari Desa Tungoi,” jelas saksi.

BACA JUGA: Tertibkan PETI, Tim Gabungan Dapati Lokasi Kosong

Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Bolmong, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Gani Fernando Siahaan ketika dikonfirmasi mengaku belum menerima laporan terkait peristiwa tersebut. “Tunggu saya cek dulu ya,” katanya.

Peristiwa seperti ini juga sudah pernah terjadi di lokasi Pertambangan Tanpa Ijin(PETI) Bakan. Peristiwa pada 04 Oktober lalu menewaskan Yudi Mamonto. Korban tewas di tempat saat melakukan penambangan di lokasi tambang tepatnya di hutan Desa Bakan bersama rekannya.

Kondisi korban saat ditemukan dalam keadaan remuk akibat hantaman material batu dan langsung tewas di tempat. Korban masih sempat dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kotamobagu oleh teman-temannya. Namun nyawa korban tak bisa diselamatkan. | TOTABUAN.co

Leave a Reply