Ilustrasi.
Ilustrasi.

Biaya Jual Beli Tanah

Orang tuaku mau beli tanah dan bangunan sebesar Rp200 juta. Berapa biaya yang harus dikeluarkan orang tuaku untuk pajak penjualan, biaya notaris, balik nama dan sebagainya?

Jawaban:

Artikel di bawah ini adalah pemutakhiran dari artikel dengan judul sama yang dibuat oleh Shanti Rachmadsyah, S.H. dan pernah dipublikasikan pada Selasa, 30 Maret 2010.

Intisari:

Beberapa biaya yang sekiranya akan dikeluarkan dalam membeli tanah dan bangunan antara lain:

  1. Uang jasa (honorarium) PPAT, termasuk uang jasa (honorarium) saksi, yang jumlahnya tidak boleh melebihi 1% (satu persen) dari harga transaksi yang tercantum di dalam akta;
  2. BPHTB sebesar paling tinggi 5% (lima persen) dari Nilai Transaksi/NJOP dikurangi Nilai Perolehan Objek Pajak Tidak Kena Pajak;

Untuk DKI Jakarta, ada pengenaan 0% atas BPHTB terhadap perolehan hak untuk pertama kali meliputi pemindahan hak dan pemberian hak baru, hanya untuk wajib pajak orang pribadi dengan Nilai Perolehan Objek Pajak sampai dengan Rp 2 miliar.

3.Tarif Pelayanan Pemeliharaan Data Pendaftaran Tanah berupa Pelayanan Pendaftaran Pemindahan Peralihan Hak Atas Tanah (balik nama) yang dihitung dengan rumus sebagai berikut:

T = (1‰ x Nilai Tanah) + Rp 50.000,00

  1. Biaya pelayanan informasi untuk Nilai Tanah atau Nilai Aset Properti per bidang adalah Rp 50.000;
  2. Biaya pengecekan sertifikat adalah Rp 50.000.

Sedangkan pajak penghasilan dikenakan kepada penjual.

Penjelasan lebih lanjut, silakan simak ulasan di bawah ini.

Leave a Reply