Ilustrasi mutasi.
Ilustrasi mutasi.

Hak-hak Pekerja yang Dimutasi ke Daerah Lain

Apa saja yang menjadi hak buruh jika dimutasi ke daerah lain di luar daerah tempat ia diterima bekerja?

Jawaban:

Intisari:

Penempatan tenaga kerja dari satu daerah ke daerah tertentu harus memperhatikan ketentuan Pasal 32 UU Ketenagakerjaan, yaitu:

  1. Penempatan tenaga kerja dilaksanakan berdasarkan asas terbuka, bebas, obyektif, serta adil, dan setara tanpa diskriminasi.
  2. Penempatan tenaga kerja diarahkan untuk menempatkan tenaga kerja pada jabatan yang tepat sesuai dengan keahlian, keterampilan, bakat, minat, dan kemampuan dengan memperhatikan harkat, martabat, hak asasi, dan perlindungan hukum.
  3. Penempatan tenaga kerja dilaksanakan dengan memperhatikan pemerataan kesempatan kerja dan penyediaan tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan program nasional dan daerah.

Terkait dengan pertanyaan Anda mengenai hak-hak yang dapat Anda terima apabila Anda ditempatkan di daerah lain, antara lain hal yang Anda perlu perhatikan adalah gaji yang Anda terima tidak boleh di bawah besaran upah minimum di wilayah tempat Anda akan ditempatkan.

Penjelasan lebih lanjut dapat Anda simak dalam ulasan di bawah ini.

Ulasan:

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Mutasi Pekerja

Sebelum menjawab pertanyaan Anda, kami akan menjelaskan terlebih dahulu yang dimaksud dengan mutasi. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), yang dimaksud dengan mutasi adalah:

Pemindahan pegawai dari satu jabatan ke jabatan lain; perubahan dalam bentuk, kualitas atau sifat lain.

Dari penjelasan di atas dan dari pertanyaan yang Anda berikan, kami mengambil kesimpulan bahwa mutasi yang Anda maksudkan adalah pemindahan pegawai/pekerja dari satu daerah ke daerah yang lain atau penempatan tenaga kerja di suatu daerah tertentu.

Leave a Reply