Penanaman mangrove yang dilakukan saat peringatan Hari Bumi, 22 April 2017, di Aceh. (Foto: Junaidi Hanafiah/Mongabay Indonesia)
Penanaman mangrove yang dilakukan saat peringatan Hari Bumi, 22 April 2017, di Aceh. (Foto: Junaidi Hanafiah/Mongabay Indonesia)

Pilih Mana, Restorasi Hutan Bakau Secara Bersama atau Perseorangan?

Selain Muara Angke, Ria bercerita, sejumlah jenis burung juga sangat menggantungkan hidupnya pada habitat hutan bakau. Kondisi tersebut ada di Pulau Dua, Jakarta yang menjadi habitat bagi burung seperti bangau bluwok, cikalang christmas (Fregratta andrewsi), dan kacamata jawa (Zosterops flavus).

“Cikalang christmas ditetapkan sebagai burung yang terancam punah. Kacamata jawa populasinya termasuk rentan. Selain di Pulau Dua, kondisi yang sama juga terjadi di Muara Gembong. Di sana, burung-burung juga terancam punah karena kerusakan hutan bakaunya,” tutur dia.

Adapun, jenis burung yang ada di Muara Gembong, dijelaskan Ria, adalah bangau bluwok, kacamata jawa, dan bubut jawa, bangau tongtong (Leptoptilos javanicus), serta gelatik jawa (Lonchura oryzivora). Oleh IUCN, spesies-spesies tersebut dinyatakan terancam punah karena populasinya yang terus menurun dari waktu ke waktu.

Ria menambahkan, keberadaan burung-burung di kawasan hutan bakau, bisa menjadi tanda bahwa ekosistem di sana terjaga dengan baik. Sebaliknya, jika burung-burung air yang biasa menjadikan hutan bakau sebagai habitatnya sudah tidak nampak, maka bisa dipastikan bahwa kawasan bakau tersebut sedang dan bahkan sudah mengalami kerusakan.

Mengingat pentingnya hutan bakau bagi sejumlah jenis burung, Ria berkomitmen untuk ikut terlibat dalam upaya penyelamatan hutan bakau yang digagas TNC. Upaya penyelamatan menjadi penting, karena dia ingin masa depan burung air bisa lebih terjamin di Indonesia.

“Kalau hutan bakau sudah tidak ditemukan di Indonesia, burung-burungn tersebut akan singgah kemana? Karena mereka habitatnya di sana, mereka tidak akan kemana-mana. Pada akhirnya, mereka akan mati dan populasinya akan terus berkurang,” tandas dia. | MONGABAY.co.id

Leave a Reply