Ilustrasi.
Ilustrasi.

Ini Calon Tunggal di Pilkada 2018

POLITIK

JAKARTA, publikreport.com – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 serentak dilaksanakan di 171 daerah. Uniknya Pilkada kali ini ada 19 daerah dengan calon kepala daerah tunggal.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra mengatakan terdapat calon tungal di Pilkada Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Kabupaten Prabumulih Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Karanganyar Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dan tiga calon tunggal di Provinsi Banten, masing-masing Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang dan Lebak.

Mengutip dari laman kpu.go.id sejumlah daerah lain dengan calon tunggal ditemukan di Tapin, Enrekang, Mamasa, Puncak, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Deli Serdang, Jambi, Pasuruan, Makassar, Bone, Mimika dan Kotamobagu.

BACA JUGA: KPK Ingatkan Masyarakat Cek Rekam Jejak Calon Kepala Daerah

Data ini, menurut Ilham, merupakan data sementara KPU hingga Rabu 10 Januari 2018, pukul 21.59 WIB. Dia mengatakan KPU telah menutup pendaftaran di wilayah Indonesia timur. Sedangkan pendaftaran di wilayah Indonesia tengah dan barat masih dibuka hingga pukul 24.00.

Ilham mengatakan jika di wilayah tersebut tidak ada lagi calon yang mendaftar, KPU akan memperpanjang waktu pendaftaran. KPU akan memberikan waktu tiga hari untuk sosialisasi.

“Nanti kami bikin surat edaran untuk teman-teman yang ada di daerah dengan satu pasang calon,” kata dia.

BACA JUGA: ASN/PNS Jangan Tergiur Janji Jabatan Paslon Kepala Daerah

Setelah melakukan sosialisasi, KPU akan memberikan lagi waktu tiga hari untuk jadwal penerimaan calon peserta  Pilkada 2018. Jika sampai batas waktu yang ditentukan tidak ada lagi calon yang mendaftar, KPU akan menetapkan calon tunggal di wilayah itu. | TEMPO.co

Leave a Reply