Kane Gamble. (Kredit: The Sun)
Kane Gamble. (Kredit: The Sun)

Bocah 15 Tahun Dalangi Peretasan CIA dan Mengakses Data Sensitif

Kelompok pro-Palestina yang terkenal berada di balik serangkaian peretasan yang mempermalukan pejabat intelijen Amerika Serikat (CIA) dengan membocorkan rincian data pribadi 20 ribu agen FBI, 9.000 pegawai Departemen Keamanan Dalam Negeri dan sejumlah staf Departemen Kehakiman pada tahun 2015.

Ternyata, pimpinan dari kelompok peretas ini baru berusia 15 tahun saat dia menggunakan rekayasa sosial untuk menirukan  direktur CIA dan secara ilegal mengakses informasi yang sangat sensitif dari rumahnya di Leicestershire, Inggris, sebagaimana diungkap dalam persidangan pada Selasa, 17 Januari 2018.

Berdasarkan laman The Hacker News, 18 Januari 2018, Kane Gamble, yang saat ini berusia 18 tahun, menargetkan Direktur CIA John Brenna, Direktur Intelijen Nasional James Clapper, Menteri Keamanan Dalam Negeri Jeh Johnson, Wakil Direktur FBI Mark Giuliano, serta tokoh senior FBI lainnya. Hal itu dilakukan Gamble antara bulan Juni 2015 dan Februari 2016.

Gamble berpose sebagai Brennan dan menipu staf pusat data serta helpline untuk memberikan password broadband bersama dengan timnya yang juga mendapatkan akses ke rencana operasi intelijen di Afghanistan dan Iran.

Anak tersebut juga mengejek keluarga targetnya dengan merilis data pribadi mereka, meneror dengan telepon dan pesan singkat, mengunduh dan memasang konten pornografi ke komputer mereka serta mengendalikan layar iPad dan TV mereka.

Leave a Reply