Ilustrasi. Ponsel dapat meningkatkan depresi. (theconversation.com)
Ilustrasi. Ponsel dapat meningkatkan depresi. (theconversation.com)

Ilmuwan: Kecanduan Ponsel Membuat Remaja Tak Bahagia

Sebuah penelitian baru mengungkap bahwa ponsel cerdas menciptakan generasi anak-anak yang menyedihkan, sebagaimana dilaporkan Daily Mail, Senin 22 Januari 2018.

Anak muda berusia 13 sampai 18 tahun yang menghabiskan terlalu banyak waktu di ponsel mereka atau bermain game komputer lebih tidak bahagia dibandingkan mereka yang membatasi waktu mereka di depan ponsel.

Periset mengatakan remaja dapat meningkatkan kebahagiaan dan harga diri mereka dengan menghabiskan waktu kurang dari dua jam sehari menggunakan media digital. Hal itu termasuk mengurangi waktu yang dihabiskan untuk bermain game komputer, berada di media sosial, mengirim SMS atau melakukan obrolan video.

Para ilmuwan, dari San Diego State University di California, mengatakan bahwa orang muda akan menjalani kehidupan yang lebih bahagia jika mereka menghabiskan lebih banyak waktu untuk berolahraga dan bertemu teman dengan tatap muka.

Secara rata-rata, peneliti menemukan bahwa remaja yang menghabiskan lebih banyak waktu di depan perangkat layar kurang bahagia daripada mereka yang menginvestasikan lebih banyak waktu dalam aktivitas non-layar seperti olahraga, membaca koran dan majalah, dan interaksi bertemu langsung.

BACA JUGA: Tanda  Anak Mungkin Kecanduan Gadget

Leave a Reply