Ilustrasi. Perempuan bertato. (shutterstock)
Ilustrasi. Perempuan bertato. (shutterstock)

Mau Bikin Tato, Pertimbangkan Dulu Risiko Berikut

#Alergi tato kosmetik

Ada beberapa orang yang alergi terhadap tinta tato, dan paling sering terjadi dengan tinta warna merah. Ketika tato kosmetik atau tato yang diaplikasikan ke bibir, alis, dan bagian wajah lainya bereaksi terhadap pewarna atau logam yang digunakan pada kosmetik dapat melukai jaringan kulit dan menyebabkan pembengkakan atau ruam.

#Alergi tato henna

Tidak hanya tato permanen yang menyebabkan alergi. Tato sementara atau biasa disebut henna juga dapat menimbulkan reaksi alergi. Jangan pernah menggunakan pewarna rambut untuk mebuat tato pada tangan karena pewarna rambut bukan didesain untuk kulit. Hindari penggunaan henna hitam dan biru karena mungkin berasal dari tar batubara, yang sering menyebabkan alergi yang parah.

#Bekas luka

Ketika pengguna tato memutuskan untuk menghapus tato, jangan berharap akan dapat hasil dengan sempurna seperti sebelum ditato. Ketika laser memecah pigmen tato, Anda bisa mengalami reaksi alergi. Beberapa pengobatan laser berbeda menyebabkan lecet dan melepuh pada kulit. Tidak semua tato yang dihilangkan akan hilang sempurna. Prosedur tato laser yang aman juga bisa meninggalkan bekas luka. | TEMPO.co

Leave a Reply