Ilustrasi. Bahaya rokok. (acehonline)
Ilustrasi. Bahaya rokok. (acehonline)

Viral Remaja Merokok, Intip 8 Efeknya Termasuk Seks Tanpa Kondom

Belum lama ini video artis remaja Shalsabilla Adriani yang sedang merokok di tempat umum viral di media sosial. Hal ini memicu komentar netizen, khususnya yang merasa bahwa perbuatan Shalsabilla memberikan contoh buruk bagi generasi muda, apalagi penggemar Shalsabilla yang kebanyakan adalah anak remaja.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan bahwa pada remaja, efek kesehatan jangka pendek akibat merokok tidak bisa diremehkan. Efek kesehatan jangka panjang dari merokok pada remaja diperkuat oleh fakta bahwa merokok sejak remaja secara teratur akan terus merokok sampai ia dewasa.

BACA JUGA: Rokok Hambat Pikun? Simak Kata Ahli

Berikut ini 8 akibat merokok bagi kesehatan seperti yang diungkapkan WHO:

  1. Perokok memiliki tingkat fungsi paru lebih rendah daripada orang yang tidak pernah merokok; merokok akan mengurangi tingkat pertumbuhan paru.
  2. Pada orang dewasa, merokok menyebabkan penyakit jantung dan stroke. Sebuah studi telah menunjukkan bahwa tanda awal penyakit ini dapat ditemukan pada remaja yang merokok.
  3. Merokok sejak dini dapat meningkatkan kebugaran fisik yang terganggu, baik dalam hal kinerja atau daya tahan tubuhnya.
  4. Rata-rata, seseorang yang merokok satu pak atau lebih setiap harinya hidup tujuh tahun lebih sedikit daripada seseorang yang tidak pernah merokok.
  5. Merokok pada usia dini meningkatkan risiko kanker paru-paru. Risiko peningkatan kanker pada individu yang merokok akan terjadi saat individu tersebut terus merokok.
  6. Perokok remaja menderita sesak napas hampir tiga kali lebih sering dibanding remaja yang tidak merokok, dan menghasilkan dahak dua kali lebih sering dibanding remaja yang tidak merokok.
  7. Remaja yang merokok, tiga kali lebih mungkin menggunakan alkohol, delapan kali lebih mungkin menggunakan ganja, dan 22 kali lebih mungkin menggunakan kokain dibandingkan yang tidak merokok.
  8. Merokok dikaitkan dengan sejumlah perilaku berisiko lainnya, seperti berkelahi dan terlibat dalam hubungan seks tanpa kondom. | VAPINGDAILY | WHO | TEMPO.co

Leave a Reply