Gunung Lokon dengan Kawah Tompaluan di lerengnya. Inzet: Lurah Kinilow I, Robert Undap.
Gunung Lokon dengan Kawah Tompaluan di lerengnya. Inzet: Lurah Kinilow I, Robert Undap.

Aktivitas Lokon Meningkat, Warga Biasa Saja

TOMOHON, PUBLIKREPORTcom – Kendati aktivitas vulkanik Gunung Lokon telah terjadi peningkatan sejak 13 Januari 2018 lalu, namun warga di sekitar kaki gunung tertinggi di Kota Tomohon itu masih menganggap hal biasa saja.

“Kalau Gunung Lokon sedang aktif kami tidak panik. Tapi kalau Gunung Lokon tenang-tenang saja itu yang membuat kami akan panik. Sebab kami tidak dapat memperkirakan kapan gunung itu akan meletus,” kata Om Matindas kepada publikreport.com, Rabu 24 Januari 2018.

Mengapa tidak panik? Menurut Matindas karena situasi seperti ini sudah bukan hal baru bagi mereka. “Biasa saja. Karena sudah sejak kecil,” ucapnya.

Meski warga menanggapi biasa-biasa saja, Matindas melanjutkan, pemerintah kelurahan telah menginformasikan/mengimbau apabila aktivitas Gunung Lokon kian meningkat agar waspada dan diharapkan siap mengungsi jika sewaktu-waktu Gunung Lokon meletus.

“Informasi dari pemerintah tempat pengungsian sudah disiapkan. Informasi ini disampaikan pemerintah kelurahan pada acara duka maupun suka,” jelasnya.

Ditanya apakah dirinya akan mengungsi jika Gunung Lokon erupsi? Matindas mengatakan, melihat situasi saja.

“Jika letusan kecil tidak. Tapi, jika letusannya besar, kami akan mengungsi,” tuturnya.

Farid:  Aktifitas Gunung Lokon Sejak 13 Januari 2018

Leave a Reply